by

Enam Orang Warga Bener Meriah Positif Covid-19 hasil Balitbangkes Aceh

Redelong | Lintasgayo.com – Menurut hasil Balitbangkes Aceh, Enam (6) warga Bener Meriah terkonfirmasi positif Covid-19, diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan Swab berbasis Real Time Polymerase Chain Ceaction (RT-PCR) di Banda Aceh. Selasa 28/07/2020.

Hasil positif tersebut pengambilan swab dari hari Sabtu terhadap 58 orang di RSUD Muyang Kute Mangku, Tim Medis 42 orang, Masyarakat 16 Orang, hasilnya Enam orang terkonfirmasi Positif Covid-19.

Menurut Wakil Juru bicara satgas Covid-19 Bener Meriah Wahidi, S. Pd. MM, bahwa hasil swab yang sudah keluar ada 27 orang. Terdiri dari 21 orang negatif dan 6 positif, 4 orang dari tenaga kesehatan dan 2 orang masyarakat.

Mengulangi kembali hasil swab positif tersebut tenaga kesehatan 4 orang dan 2 orang masyarakat, sebelum hasil ini keluar yang bersangkutan masing masing diisolasi antara lain, 1 orang RSUD Muyang Kute, 1 orang di BLK dan 4 orang dirumah secara mandiri.

“Yang diisolasi di RSUD Muyang Kute memiliki gejala klinis yaitu demam, di BLK karena kondisi tempat isolasi mandiri kurang memungkinkan, sementara yang isolasi dirumah tidak memikiki gejala klinis,” terang Wahidi.

Dalam hal ini inisial dari keenam orang terkonfirmasi adalah, JI (laki laki 31 tahun), HN (perempuan 30) MI (laki laki, TI (laki laki 23)
SA (laki laki 20) MR (perempuan 38), Semua terkonfirmasi positif Covid 19 adalah yang kontak erat dengan BS (24).

Sementara Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi saat dikonfirmasi via Whatsapp mengatakan, bahwa ini adalah hasil tracking yang dilakukan oleh petugas kita terhadap korban sebelumnya yang datang dari luar daerah.

Lebih lanjut lagi terkait dengan penambahan 6 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab yang dikeluarkan Balitbangkes Aceh tentu akan dilakukan tracking lagi untuk memastikan yang bersentuhan dengan korban akan dilakukan pengecekan juga.

Secara tegas Sarkawi, Ini harus jadi bahan intropeksi kita saat menerima orang yang datang dari luar daerah, walaupun keluarga dekat kita harus patuhi porotokol kesehatan dari sebelumnya kita sudah mengingatkan kepada seluruh masyarakat.

Sebelumnya dua warga Bener Meriah yakni BS (24) YH ( 55) terkonfirmasi covid-19 sehingga dilakukan tes swab sebanyak 58 orang yang terdiri petugas kesehatan RSUD Munyang Kute sebanyak 42 orang, dan 16 dari masyarakat.

Maka dari itu penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bener Meriah hingga hari ini, tanggal 28 Juni 2020 berjumlah 10 orang terkonfirmasi Covid-19.(Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News