by

Bupati Sarkawi Launching Program Ketahanan Pangan di Umah Besi

Redelong | Lintasgayo.com – Pandemi Covid-19, masih terus berlangsung, termasuk di indonesia. Sebagai garda terdepan Kabupaten Bener Meriah memiliki program ketahanan pangan, tentu ini menjadi inovasi besar, dan warga Bener Meriah tidak terisolasi di rumah, tapi diajak untuk produktif dengan berkebun sekaligus menerapkan physical distancing, yang sejalan dengan program pencegahan penularan virus Corona.

Dalam hal ini kabupaten Bener Meriah melaksanakan Acara launching program ketahanan pangan dan kampung tangguh covid-19 di kampung Umah Besi, kecamatan Gajah Putih, Kabupaten Bener Meriah pada Kamis, (09/07/2020).

Launching itu dilakukaan oleh Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Hassanudin SIP MM, Bupati Bener Meriah, Tgk.H.Sarkawi, dan Plt. Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kepala DPMG Aceh, Azhari Hasan.

Kegiatan launching program ketahanan pangan dan kampung tangguh covid-19 tersebut, dimulai dengan pemotongan padi di kampung Blang Rongka, Kecamatan Timang Gajah, kabupaten Bener Meriah.

Turut hadir dalam acara tersebut, yaitu PLT Gebernur Aceh yang diwakili oleh kepala DPMG Aceh, Pangdam Inskandar Muda, Kapolda Aceh, Bupati Bener Meriah, anggota DPRA dapil 4, , Ketua DPRK Bener Merian, Wakil Ketua I dan II DPRK Bener Meriah, Kapolres Bener Meriah, Dandim 0106 Aceh Tengah/Bener Meriah, Kepala Kejaksaan Bener Meriah, Ketua MPU Bener Meriah, Danyon 114 SM, Sekretaris Daerah, Ketua TP. PKK Bener Meriah Ketua DWP Bener Meriah, Para Asisten dan Para Kepala SKPK.

Tgk.H.Sarkawi dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini sudah direncanakan beberapa waktu yang lalu, tetapi ini memang tidak diduga seperti ini. Ini sesuatu yang luar biasa sehingga kita hadir semuanya di Umah Besi ini, rahmat yang luar biasa. Tentu kita tidak menyangka bapak Gebernur yang diwakili, Kapolda, Pangdam, DPRA dapat hadir di Umah Besi. Hari ini sebenarnya acaranya langsung ke tingkat nasional, kita tadi mengikuti bersama-sama dengan bapak Panglima TNI , Kapolri bahwa program ketahanan pangan sangat penting di negara ini.

Melaporkan Gebernur, Kapolda, Pangdam, DPRA bahwa kabupaten Bener Meriah secara keseluruhan terkait dengan ketahanan pangan ini agak sedikit rentan. “Hasil pertanian yang orientasinya semua ekspor, Masyarakat yang mayoritasnya adalah petani kopi dan itu semua hasilnya di ekspor,” ujar Bupati Sarkawi.

Lanjutnya, di awal pandemi Covid-19, Kabupaten Bener Meriah ini ada pukulan ekonomi, karena sejak itu keran ekspor terganggu khususnya kopi. Hal ini juga sudah kami sampaikan saat melakukan Video Conference (Vidcon) bersama bapak Gebernur, Kapolda, Pangdam, Forkopimda Aceh dan seluruh kabupaten/kota.

“Terimakasih semuanya, kepada panitia, masyarakat atas kerja kerasnya dan kami sangat mengapresiasi luar biasa kepada seluruh panitia untuk mensukseskan acara yang besar ini,” tutup Abuya Sarkawi. (PR)

 

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News