by

Bupati Resmi Buka MTQ Ke VIII Tingkat Kabupaten Tahun 2020

Redelong | Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah secara resmi membuka Event Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-VIII 1441 H/Tahun 2020M, Tingkat Kabupaten di Masjid Nur Nabawi,Komplek Perkantoran Pemda Serule Kayu, dan dilaksanakan di 4 tempat dalam wilayah Kecamatan Bukit. Senin 06/07/2020.

Dalan hal pelaksanaan ini ketua panitia MTQ Ke VIII Bener Meriah Taslim,S.Ag,M.Sos, menyampaikan bahwa kegiatan yang direncanakan selama 4 hari yang di mulai pada hari ini senin 06 Juli 2020 dan berakhir nantinya pada hari kamis 09 Juli 2020 mendatang.

Kami selaku ketua panitia pelaksana melaporkan kepada Bupati Bener Meriah, bahwa dalam pelaksanaan MTQ Ke VIII 1441 H/Tahun 2020 ini diikuti 287 peserta yang telah mendaftar. Dan perlu kami sampaikan pada akhir kompetisi akan diambil 3 (Tiga) besar disetiap cabang. Terangnya.

Selanjutnya para pemenang akan dibina dan ditraining selama 1 tahun, baru akan dipilih yang terbaik untuk mewakili Kabupaten Bener Meriah di tingkat Propinsi Aceh.

Kemudian tempat serta materi yang akan diperlombakan nanti, Tilawah anak-anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Cacat Netra,Tartil,   Qira’ah Sab’ah Remaja, Qira’ah Sab’ah Dewasa yang di tampilkan di Mesjid Nur Nabawi.

Dilanjukan di gedung Empu Beru cabang Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Khatil Qur’an. Untuk Aula Dinas Pendidikan Bener Meriah hanya Tahfidz Qur’an. Di Gedung LPTQ Bener Meriah cabang Menulis Makalah Al-Qur’an (MMQ) dan Tafsir Alquran. Juga Khatil Alquran di MTSN 1 Bener Meriah Sp.3.

Lebih lanjut lagi perlu kami sampaikan juga bahwa bagaimana teknis serta tata cara kegiatan baik untuk dewan Juri, peserta lomba dan pengunjung, ini semua tidak terlepas dari protokol kesehatan dari PSC 119, TNI/Polri, SKPK, Satpol PP, Badan, Intansi dan bantuan Komunikasi RAPI Bener Meriah.

Pelaksanaan nya nanti disemua tempat kegiatan kita akan tetap memeriksa suhu badan dan diharuskan memakai masker sesuai aturan juga intruksi dari tim kesehatan yang ada dilapangan nantinya. Yang jelas semua pihak terlibat didalamnya membantu mensukseskan MTQ ke VIII ini. .

Sambutan dan arahan Bupati Bener Meriah, Tgk.H.Sarkawi, bahwa  pelaksanaan kegiatan MTQ ini merupakan agenda rutin di Kabupaten Bener Meriah dalam rangka menjaring para Qori dan Qoriah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ di tingkat provinsi.

Walaupun ini masih suasana pandemi Covid-19, namun Alhamdulillah kegiatan ini masih bisa kita laksanakan dengan baik, tapi tentu saja kita tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Pada hakekatnya pelaksanaan MTQ ini adalah untuk membina Ukhuwah Islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan Syiar Islam di Kabupaten Bener Meriah, selain itu, momentum pelaksanaan MTQ pada tahun ini hendaknya bisa kita jadikan sebagai salah satu tonggak dalam rangka membina Qori dan Qoriah untuk lebih menuju kemandirian.

“Begitu juga halnya dengan para peserta cabang MTQ lainnya perlu kita susun secara lebih terencana dan terstruktur dan berkelanjutan,” terang Sarakawi.

Disamping itu, pelaksanaan MTQ ini juga tentunya menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang dimulai dari pemahaman dalam membaca dan menulis Al-quran secara baik dan benar.

“Akan tetapi yang menjadi lebih penting adalah mendorong semua masyarakat secara swadaya dan mandiri untuk melakukan berbagai kegiatan nyata dalam memberantas buta Aksara Al-quran di Kabupaten Bener Meriah.” Ujarnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada saat ini pemerintah  sangat mendorong terbangunnya Syiar Islam. telah banyak usaha untuk mewujudkan hal tersebut, melalui program pemberian Insentif kepada para guru ngaji dan imam masjid.

Hal ini semua, merupakan wujud nyata dari pemerintah Kabupaten Bener Meriah dalam rangka mengutamakan program-program dibidang keagamaan disamping program-program pembangunan lainnya.

Pada kesempatan ini Sarkawi juga berpesan kepada Qori dan Qoriah yang akan mengikuti seleksi untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki, karena para juara yang dihasilkan dari seleksi MTQ ini, selanjutnya akan dikirim untuk mewakili kabupaten Bener Meriah pada pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi.

“Secara spontan Sarkawi memberikan aplus terhadap Qori dan Qoriah apabila yang mendapatkan juara 1 tingkat Provinsi akan diberikan hadiah akan diberangkatkan Umroh.”

Disamping itu juga memberi kebijakan progran One Day One Ayat (Satu hari Satu Ayat) kepada Dinas Pendidikan yang nantik diteruskan kepada setiap kepala sekolah SD, SMP, SMA di Kabupaten Bener Meriah.

Program ini nantiknya akan bisa mencetak SDM unggul di Bener Meriah. Beliau juga sangat menyesalkan jika ada masyarakat atau anak-anak kita yang kuliah diluar tetapi tidak bisa membaca Al-Quran. tutup Sarkawi.

Pembukaan MTQ ini juga dihadiri Sekda Bener Meriah Drs.Haili Yoga,M.Si, Wakil Ketua I DPRK Tgk.Husnul Ilmi S.Sy, Dandim 0106 Mayor Kav Ridwan Suliman, Kapolres AKBP Siswoyo Adi Wijaya,S.Ik, Kajari Agus Suroto,SH.MH, Danyonif RK 114/SM Mayor Inf Putra Negara,SH.M.Han.

Seterusnya Ketua MPU Bener Meriah, Tgk.Al Muzani, Kepala Kemenag Bener Meriah, Saidi B, S. Ag. MA, Pimpinan Bank Aceh cabang Fajar Rajasyah, Ketua Baitul Mal Tgk. Pakamuddin, Para Asisten Setdakab Bener Meriah, Kabag Setdakab, Kepala SKPK, para Camat, Dewan Hakim MTQ Ke-VIII Tingkat Provinsi dan Kabupaten Bener Meriah.(Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News