Shabela ; Berdayakan Masyarakat Penyediaan Masker Kain

By on Wednesday, 15 April 2020

Takengon | lintasgayo.com – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar terus mengimbau semua pihak, terutama masyarakat untuk memakai masker kain selama mewabahnya Covid -19.

“Sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19, kami minta masyarakat agar memakai masker kain apabila keluar rumah, bukan masker kesehatan ya, yang itu untuk tenaga kesehatan” kata Shabela dalam beberapa kesempatan.

Menurut Shabela, setidaknya diperlukan 300.000 masker kain bagi masyarakat.

“Penduduk Aceh Tengah kurang lebih mencapai 200 ribu orang, sehingga diperlukan paling sedikit 300 ribu sampai 400 ribu masker kain yang bisa dicuci, karena untuk setiap orang perlu dua masker yang dipakai bergantian setiap hari” jelas Shabela di ruang kerjanya saat menerima bantuan 1.000 masker kain dari PD Tanoh Gayo, Rabu, 15/04.

Saat ini beberapa pihak sudah menyumbang sejumlah masker maupun logistik lainnya dan telah dibagikan, terutama bagi kelompok rentan, seperti pedagang dan pengunjung pasar, pengemudi becak, serta pengguna jalan di beberapa titik lokasi.

Untuk menutupi kekurangan masker kain ini, Shabela sudah memerintahkan jajarannya, untuk memberdayakan masyarakat, baik penjahit lokal maupun alumni pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) dan Baitul Mal Aceh Tengah.

“Penyediaan masker ini jangan dipesan dari luar daerah, tapi berdayakan masyarakat sekitar yang memiliki kemampuan menjahit” tegas Shabela.

Hal ini, kata Shabela adalah dalam rangka menciptakan kesempatan berusaha sementara bagi masyarakat yang lapangan pekerjaannya maupun penghasilannya terdampak akibat wabah Covid-19.

“Semoga dapat membantu masyarakat dan harapan kita wabah ini cepat hilang dan keadaan normal kembali” demikian Shabela. (Rel/LG010)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.