Lingkungan

Pendakian ke Bur Kelieten sudah Ada Jalur Baru

Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, apalagi  ingin mencoba gunung tertinggi di Gayo, Takengen, kini ada jalur baru untuk mencapai Bur Kelieten. Gunung tertinggi berada di selatan arah timur Danau Lut Tawar.

Kelompok Bur Kelieten, sudah membuka jalan jalur baru untuk dapat dilalui kenderaan roda dua.  Pendaki tidak lagi terlalu jauh melakukan pendakian, bila mempergunakan jalur baru ini.

Pokdarwis Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah, sudah melakukan upaya perintisan jalan yang mereka sebut shelter 1.  Disini kenderaan roda dua dapat diparkirkan kemudian dilanjutkan perjalan kaki pendakian yang waktu tempuh relative lebih singkat dari biasanya, hanya sekitar 3,5 jam atau 4 jam.

“Kami berterima kasih kepada Komunitas Gayo Peduli Kemanusian (KGPK) yang sudah melakukan pendakian Bur Kelieten dan membantu kamu untuk melakukan survey di jalur yang akan kami buat,” sebut Ramli Hakim, selaku pembina kelompok Bur Kelieten.

Menurut Ramli Hakim, dalam keteranganya dengan kepada media ini, Jumat (17/1/2019) di kawasan Bur Kelieten. Selama ini masayarakat mengelola rute pendakian ke Bur Kelieten  via kejurun yang kini sudah dikelola masyarakat.

Dengan adanya rute jalur baru ini, sebutnya, bukan hanya mempersingkat waktu pendakian, dimana view danau Lut Tawar tetap dapat dinikmati dengan indah, juga semakin mempersingkat jalur tempuh.

Kelompok Bur Kelieten yang sudah terbentuk 4 tahun lalu, menurut Ramli Hakim, kini sudah eksis dan sudah banyak membantu pendaki untuk mencapai puncak Bur Kelieten. Pengelola juga sudah menyiapkan sejumlah agenda budaya, seperti tari Guwel.

Pihaknya juga menyiapkan rute jalur ke sarang burung wallet, dimana lokasi hutan ini juga sebagianya menjadi kawasan sarang burung wallet. Kelompok masyarakat ini akan menjadi gaet, penunjuk jalan dan penuntun pendaki untuk sampai ke puncak.

“Namun yang perlu diingat, karena medanya berat, para pendaki harus melapor dan melakukan registrasi terlebih dahulu, memetahu ketentuan yang disiapkan, seperti menjaga sampah masing masing, semuanya ini demi kenyaman bersama,” sebutnya.

Bagi yang ingin melakukan pendakian ke Bur Kelieten, gunung tertinggi di seputar Danau Lut Tawar ini, dapat menghubungi kelompok Bur kelieten dengan nomor kontak 082250236335 untuk keperluan registrasi.

Ernawati, ketua Komunitas Gayo Peduli Kemanusian (KGPK), saat melakukan pendakian Bur Kelieten bersama media ini menyebutkan, pihaknya melakukan kegiatan pendakian dan ikut bersama kelompok masyarakat melakukan survey agar adanya rute jalan yang baru untuk mencapai Bur Kelieten.

“Kami bersyukur apa yang kami lakukan ini kiranya bermanfaat untuk  masyarakat, agar mereka semakin mencintai lingkungan dan dapat melakukan pendakian dengan nyaman dan waktu tempuhnya relative singkat bila dibandingkan sebelumnya,” sebut Erna. ( Khosi NT).

 

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top