by

Rektor Unsyiah Lepas 313 orang Mahasiswa Unsyiah KKN di Bener Meriah

Redelong| lintasgayo.com – Sebanyak 313 Orang Mahasiswa/i asal Unsyiah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Priode ke-18 di Kabupaten Bener Meriah, Mahasiswa KKN ini langsung diserahkan oleh Rektor Unsyiah  Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng  kepada Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi di lapangan Setdakab Bener Meriah, Rabu (15/01/2020).

Rektor unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, menyampaikan penyerahan Mahasiswa peserta KKN tersebut dengan jumlah 313 orang Mahasasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akan ditempatkan di 50 Kampung yang tersebar dibeberapa Kecamatan dalam wilayah Pemerintah Kabupaten Bener Meriah.

Menurut Rektor ini, bahwa Kabupaten Bener Meriah ini adalah salah satu daerah penghasil kopi Arabika yang sangat berhasil untuk mengentaskan kemiskinan, tetapi akibat sanitasi dan lingkungan yang kurang baik maka kategori Miskin itu masih ada di Bener Meriah.

“Maka oleh sebab itulah tujuan kita datang ke Bener Meriah untuk memeberikan pemahaman kepada masyarakat agar linngkungan mereka akan lebih baik semua, mulai dari kopinya, hasil-hasil pertaniannya juga harus lebih baik”, sebut Samsul Rizal.

“Salah satu tema yang kita angkat untuk Mahasiswa yang melaksanakan KKN Tematik di Bener Meriah ini adalah, Pengelolaan Sampah dan Lingkungan Hidup”, lanjutnya.

Ia  berharap nantinya dimana sampah-sampah rumah tangga itu bisa dikelola dan dijadikan pupuk,sehingga  nantinya desa-desa di Bener Meriah bisa bersih dan mengurangi sampah plastik.

Rektor Jantung Hati Rakyat Aceh ini juga  menekankan kepada Mahasiswanya untuk menghidupkan Mushalla-Mushalla yang ada di desa-desa dalam wilayah kabupaten Bener Meriah.

“lihat apa potensi desa dan harus di kembangkan, parawisatanya gali dan kembangkan”, tegasnya di depan 313 mahasiswa KKN asal Unsyiah ini.

Ia juga menawarkan bantuan dan siap mendukung para Reje Kampung di Bener Meriah untuk memberikan pelatihan tentang tata cara pengelolaan keuangan desa

“Kalau nanti ada pelatihan Reje kampung tata cara pembuatan tentang keuangan desa, Unsyiah siap untuk mendukungnya, dan ini sudah kita lakukan di Kabupaten Gayo Lues”, Tutup Samsul Rizal. (Putra Mandala)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News