by

Stiker Pra Sejahtera Mulai Pasang di Kecamatan Timang Gajah

Redelong| lintasgayo.com – Tim Program Keluarga Harapan (PKH) mulai melakukan  pemasangan stiker untuk warga pra sejahtera penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dari dinas sosial Bener Meriah yang dilaksanakan di kampung Lampahan Timur,  Kacamatan Timang Gajah. Senin (13/01/20).

Penempelan sebanyak 400 stiker ke rumah warga setempat dilaksanakan selama 3 hari dan mulai hari ini Senin 13 sd 16 Januari 2020

Camat Timang Gajah, Budi Wahyu Nugroho.S.IP, kepada media ini mengatakan stiker yang dipasang di rumah warga masih terdapat kekurangan yang diperkirakan 400 stiker lagi.

“Saat ini masih dalam proses pengadaan di Dinas Sosial Kabupaten Bener Meriah”, sebut Budi.

Selanjutnya kata Budi, Berdasarkan Laporan Petugas PKH Kecamatan Timang Gajah, data awal sebelum graduasi terdapat 1.200 KK, data dimulai dari tahun 2013, sebagai penerima PKH.

Menurutnya pada tahun 2019, data sampai 31 Desember 2019, setelah dilakukan verifikasi lapangan dan graduasi tinggal tersisa 650 KK, dengan Kampung Penerima PKH Terbanyak Yaitu Cekal Baru,Blang Rongka dan Pantan Kemuning.

“Sementara untuk kampung penerima PKH paling sedikit adalah Timang Rasa, Pantan Pendiangan dan Mude Benara”, sebutnya.

Lanjut Budi, Berdasarkan Laporan Petugas TKSK Kecamatan Timang Gajah bahwa Data Awal BPNT adalah sejumlah 1.091 KK (Data Tahun 2018) yang tersalurkan di tahun 2019 sejumlah 800 KK.

Selanjutnya hasil verifikasi dilapangan oleh Petugas TKSK, Kampung Terbanyak yang mendapatkan BPNT, Cekal Baru, Pantan Kemuning dan Sumber Jaya, sementara Kampung paling sedikit menerima program BPNT adalah Pantan Pendiangan, Timang Rasa, dan Tunyang.

Tujuan Penempelan Stiker Penerima Bantuan PKH dan BPNT ini adalah sebagai bentuk transpanrasi penerima bantuan yang selama ini “Data Penerima” menjadi polemik di masyarakat.

Selain itu petugas dari TKSK dan PKH telah menyiapkan Form pernyataan pengunduran diri bagi KK yang dinilai mampu tetapi masih mendapatkan bantuan BPNT.

Bagi Penerima PKH Murni yang sejumlah 650 KK otomatis juga mendapatkan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) sesuai Keputusan Mensos RI No.71 Tahun 2018, sementara bagi penerima BPNT murni belum tentu mendapatkan bantuan PKH.

 

Terkait Penerima bantuan PKH di Kecamatan Timang Gajah dari Tahun 2013 s/d 2019 telah terdapat penurunan angka penerima yaitu sekitar 54, 1% sementara untuk penerima bantuan PKH terdapat angka penurunan sejumlah 26, 7 %.

Pelaksanaan penempelan dihadiri langsung oleh Forkopimcam Timang Gajah, serta petugas tenaga kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Samidi, Petugas Program Keluarga Sejahtera (PKH) Zulfikar, Reje Lampahan Timur Mukhlis, Petue Lampahan Timur Munir. (Putra Mandala)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News