Sara Kayu Kin Sara Harapen, Kelompok Sadar Wisata Tanami Pohon di Bur Origon

By on Sunday, 12 January 2020

Redelong| lintasgayo.com – Dalam rangka memperingati Hari 1 Juta Pohon, Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) Kampung Tingkem melakukan penanaman pohon yang dihadiri Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi, di puncak Bur Origon Minggu (12/01/20)

Dalam kegiatan yang bertajuk “Sara Kayu Kini Sara Harapen” ini Ketua panitia kegiatan Husaini menyampaikan melaksanakan kegiatan penanaman ini di Bukit Origon karena dianggap sangat berpotensi untuk dikembangkan dikarenakan hutannya yang masih alami.

“Ini adalah sebagai bentuk kesadaran lingkungan kami terhadap kelestarian hutan, ini merupakan inisiatif kami bersama”, jelas Husaini.

Husaini berharap kepada Pemerintah Daerah sendiri, untuk lebih memperjelas status wilayah Bur Origon dengan Kabupaten tetangga sebab Kelompok Sadar Wisata  (Pok Darwis) ini mengaku sudah beberapa kali mengadakan kegiatan di Bur Origon.

Menurut Husaini, kegiatan ini sudah dilakukan selama 2 hari (Sabtu dan Minggu) dengan menanam 144 batang yang terdiri dari pohon Lekap, Jempa, Angsara, Tenggolon, Sangor dan lainnya.

“Kegiatan ini juga didukung oleh Kampung Tingkem Asli, Kampung Tingkem Bersatu, Masyarakat Peduli Lingkungan Seluruh Indonesia dan Ruhdi bathin, kami juga menerima donasi dari masyarakat berupa Plang Pengumuman dari swadaya masyarakat, Dinsos Bener Meriah, DLHK dan BPBD”, ungkapnya.

Ia melanjutkan, kelompok sadar wisata  ingin memberikan pemahaman kepada  masyarakat Gayo, bahwa hutan itu bisa memberikan kita sebuah harapan.

“Oleh sebab itu kami mengajak masyarakat secara keseluruhan agar peduli terhadap lingkungan kita”, sambungnya.

Disisi yang lain menurut Pok Darwis sendiri,dalam pantauannya selama ini masih banyaknya masyarakat yang berburu Satwa Burung, juga merusak hutan. “mohon untuk ditindaklanjuti dan membuat satu regulasi terhadap hal tersebut”, tegas Husaini. (Putra Mandala)

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.