by

Warga Lakukan “Self Trash Reduce” di Kecamatan Bener Kelipah

Redelong| lintasgayo.com – Self Trash Reduce, tentang pengelolaan sampah secara mandiri yang telah dilaksanakan oleh Dian Agus Aziza atau Inen Billa salah satu penduduk kampung Bener Kelipah Selatan Dusun Sagi, Kecamatan Bener Kelipah, Kabupaten Bener Meriah.

Saat disambangi media ini 08/01/2020, Dian Agus Aziza,  sedang mencuci bekas pampers anaknya setelah di buang Absorber atau Jelly penyerap cairan yang terdapat pada Pampers tersebut.

“setelah saya cuci akan saya jemur dan setelah kering akan saya bakar dirumah atau saya bawa ke kebun”. Imbuhnya.

Selanjutnya, Dian Inen Billa ini mengaku sudah melakukan hal ini sejak beberapa tahun silam, dapat dikatakan mulai dari anak pertamanya.

Sementara hal lain dari Asra Muda, SE, juga memberitahukan bahwa dikecamatan Bener Kelipah, terdapat sedikitnya tiga keluarga yang sudah melakukan langkah seperti ini, dan setiap rapat saya selalu menghimbau untuk mencontoh ibu inen billa ini.

Dikarenakan mereka melakukannya secara mandiri tanpa ada arahan dari siapa pun, ini dapat kita katakan sebagai inisiatif sendiri dan sangat positip harus kita apresiasi. Kata Asra.

Kemudian secara terpisah Camat Bener Kelipah, Safriadi, S.Pd, M.Pd, juga menyampaikan bahwa kita mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Dian/Inen Billa ini, semoga semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk melakukannya.

“Berhubung sampah ini kalau kita biarkan dan dibuang disembarang tempat dampaknya cukup negatif dan menjadi masalah besar. Maka dari itu langkah yang diambil oleh warga seperti Dian ini sangat positif”, sebut Safriadi.

Ia mengajak kepada masyarakat yang lainnya untuk bisa terus memberantas yang namanya sampah demi kebersihan lingkungan. “lakukan penanganan sejak dini, karena sumbernya dari kita sendiri” Tutup Safriadi. (Putra Mandala)

Comments

comments