Lindungi Sumber Air Bersih, Camat Bener Kelipah Iniasi Pembentukan Qanun

By on Monday, 30 December 2019

Redelong| lintasgayo.com – Pemerintah Kecamatan Bener Kelipah kabupaten Bener Meriah  berencana akan menginisiasi pembentukan  Qanun Perlindungan Air Sumber Bersih yang terletak di antara desa Bener Kelipah Selatan dengan Gunung Musara.

Hal ini disampaikan oleh Camat Bener Kelipah, Safriadi S.Pd, M.Pd kepada lintasgayo.com Senin (30/12/19).

Menurutnya  sumber air bersih yang populer dengan bendungan Jelobok ini  merupakan sumber air yang  secara turun temurun sudah  dimanfaatkan oleh masyarakat di kecamatan Bener Kelipah, terutama desa Gunung Musara dan Bener Kelipah Selatan (Bener Kelipah)  serta   desa Pondok Ulung  kecamatan Bandar.

“Untuk melindungi sumber air baku yang digunakan oleh masyarakat sebagai air minum dan kebutuhan sehari-hari, perlu di bentuk Qanun untuk perlindungan sumber air sehingga tidak menjadi polemik antar desa di kemudian hari”, jelas  Safriadi.

Selain itu, kata Safriadi, bendungan seluas kurang lebih dua hektar ini juga potensial di kembangkan sebagai tujuan objek wisata unggulan  di kabupaten Bener Meriah.

“Sepengetahuan kami tidak ada bendungan sebesar ini, Kita berharap dengan terbitnya Qanun ini nanti nya pengembangan sumber air jelobok Sebagai destinasi wisata, dapat memberi manfaat bagi kampung disekitarnya”, imbuhnya.

Dalam menginisiasi qanun ini Camat Bener Kelipah ini mengaku  sudah memerintahkan  Sekretaris Camat Anwar Sahdi untuk  meminta rujukan kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung kabupaten Bener Meriah dan kampung Hakim Bale Bujang kab. Aceh Tengah.

Kepala Seksi  PMK  kecamatan  Bener Kelipah Nawawi, S. Sos, mengatakan Saat ini mereka sedang menggodok draft Qanun Perlindungan Air Bersih ini.

“Insya allah di awal tahun ini dapat kita akan musyawarahkan dengan para tokoh masyarakat dan para Reje  Kampung terkait”, ungkapnya.

Sementara  Mukim Bener Kelipah,  Anshar S. Mengharapkan Agar  Qanun ini cepat  selesai sehingga dapat disusun master plan pengembangan sumber air jelobok ini.

“Insya allah akan ada objek wisata yang refresentatip di kecamatan Bener Kelipah”, harap Anshar. (Putra Mandala)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.