by

Grand Finalis DA Asia 5, Siapa yang Akan Juara?

Fauzul Abadi lebih akrab disapa Faul, penyanyi asal dataran tinggi tanah Gayo Provinsi Aceh Indonesia, bersama Randa (Indonesia) dan Hannah Precillas (Filipina) lolos melaju ke Grand Final D’Academy Asia 5,  tadi malam, Kamis 26/12/2019.

Penampilan mereka di  malam konser show top 4 nilai teratas, telah mengantarkan mereka bertiga bertengger di grand finalis. Sementara  Megat Haikal (Malaysia) harus tersisih dalam grand finalis ini.

Tersenggolnya peserta dari Malaysia, Megat Haikal dengan perolehan nilai dari dewan juri dengan angka tipis dari urutan ketiga. Megat mendapatkan nilai 1301, Hannah 1303, Randa 1313 dan teratas Faul 1315 angka.

Malam ini,  Jumat (27/12/2019) ketiga grand finalis ini akan kembali berjuang, mempersembahkan yang terbaik menuju juara dan mengharum nama negara yang sudah mengutus mereka di Akademi Asia ini.

Dua peserta dari Indonesia, dan seorang dari Fhilipina harus melalui perjuangan yang ketat untuk mendapatkan juara, sebut Nyoman, salah seorang dewan juri.

Dari Indonesia dukungan itu mengalir untuk Faul dan Randa. Bagi Gayo, Faul adalah mahkota yang harus mendapatkan dukungan. Faul sudah mempromosikan Gayo ke belahan dunia melalui alunan suaranya.

Dan itu merupakan salah satu cita cita Faul, untuk mempromosikan kesenian dan budaya Gayo ke permukaan jagad raya, karena selama ini terpendam dan tidak mendapatkan porsi yang layak.

Faul kepada media ini pernah bercerita, bagaimana ruh semangatnya diilhami dengan lagu Tawar Sedenge. “Engon ko so tanoh Gayo,Si megah mu reta dele rum batang uyem si ijo kupi bako e. Lihatlah  Tanah Gayo, yang megah berharta berlimpah, dengan batang pinus yang hijau, kopi dan tembakaunya”.

Itulah Rahmat Tuhan untukmu rakyat Gayo, harus kau sinsingkan lengan bajumu, untuk menata hidupmu yang lebih baik. Semangat ruh dalam lagu Tawar Sedenge ini, kini telah membaha dipermukaan dunia, mata di jagad raya ini telah melirik Gayo, negeri yang penuh pesona kaya potensi alam dan manusianya.

Semoga dimalam grand final D’Academi Asia 5, langkah Faul semakin mulus, dan mampu menjadi champion. Dukungan dari kita semuanya sangat diharapkan. (Putra Mandala/LG01)

Comments

comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.