757 Kilogram Obat Medis Kadaluarsa Dimusnahkan di Bener Meriah

By on Wednesday, 11 December 2019

Redelong| lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah, Tgk.H. Sarkawi didampingi Kadis Kesehatan Iswahyudi Haryono, SKM,M.Kes. Memusnahkan Obat Kadalwarsa 757 Kilogram, terdiri dari 61 jenis obat, di halaman kantor dinas Kesehatan, Serule Kayu, Bukit. Selasa 10/12/2019.

Kadis Kesehatan Bener Meriah, Iswahyudi Haryono SKM,M.Kes. mengatakan bahwa pemusnahan obat yang sudah kadaluarsa dan obat yang dilarang diedarakan oleh Kementerian Kesehatan akibat sudah kadaluarsa

“Obat yang dimusnahkan  terdiri dari 61 jenis obat yang sudah kadaluarsa dan beberapa jenis obat yang sudah tidak di ijinkan lagi untuk di edarkan” sebut Iswahyudi, kepala dinas kesehatan Bener Meriah ini.

Untuk saat ini kata Iswahyudi, di Bener Meriah masih ada sebanyak 2 ton lagi obat-obatan medis yang sudah  kadaluarsa yang harus di musnahkan namun karena anggaran tidak ada, rencananya tahun depan akan dikembalikan  lagi ke Jakarta untuk dimusnahkan.

“Anggaran untuk kegiatan pengiriman hari ini mencapai 70 juta lebih, karena untuk ongkos kirim perkilo sebanyak 6600 dan biaya pengiriman untuk 757 kilo mancapai 49 juta ditambah lagi biaya lainnya”, terang Iswahyudi.

Bupati Bener Meriah Tgk. Sarkawi berharap pihak farmasi untuk terus melakukan monitoring terhadap obat-obatan yang sudah kadaluarsa karena dikawatirkan akan di salurkan kepada puskesmas akibat ketidak cermatan dari petugas.

“Obat yang sudah kadaluarsa dan yang tidak sesuai aturan harus cepat disingkirkan karena kita khawatir nanti obat tersebut di droping ke puskesmas karena ketidak cermatan petugas”, sebut Sarkawi.

Sarkawi melanjutkan agar Pihak pendistribusi obat harus cermat menyalurkan obat-obatan ke puskesmas karena ini menyangkut nyawa seseorang.

“Cek dan terus cek obat-obatan tersebut jangan sempat terjadi kesalahan baik itu petugas kesehatan yang bagian penyuntikan dan pemberian obat” tegas Sarkawi.

Kegiatan pemusnahan obat medis kadaluarsa ini turut dihadiri Sekda Drs.Haili Yoga. M. Si. Asisten Muklis, Kadis Kesehatan Iswahyudi Haryono, SKM,M.Kes, Kepala loka BPOM Aceh Tengah Sri Wardono.Apt.M.Si, Kepala Inspektorat Bener Meriah, Mawardi.S.Ag. (Putra Mandala)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.