Bupati Bener Meriah Hadiri Rakor P3MD Se-Aceh Tahun 2019

By on Sunday, 1 December 2019

Banda Aceh| lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menghadiri sekaligus mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) se-Provinsi Aceh di Gedung Amel Convention Centre Aceh Besar- Banda Aceh, Jum’at, 29/11/2019.

Rakor yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) provinsi Aceh tersebut dibuka langsung oleh Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT, yang dihadiri oleh seluruh Bupati dan Wali Kota Se- Provinsi Aceh.

Kepala DPMG Provinsi Aceh, Azhari, SE.M.Si dalam laporannya menyampaikan Program Inovasi Desa Tahun 2019 sudah dirasakan manfaat dan dampak yang sangat efektif dan inovatif selama 3 tahun terakhir.

“Kita juga melakukan koordinasi dan konsolidasi peran tanaga pendamping professional  yang saat ini berjumlah 2.845 orang yang sesuai dengan Tupoksinya” sebut Azhari.

Lanjut Kepala DPMG Aceh tersebut, kegiatan ini bertujuan melakukan evaluasi terhadap capaian penyaluran dan penggunaan Dana Desa tahun 2019 guna melakukan kebijakan dalam uapaya percepatan penyaluran yang saat ini belum terealisasi sebagaimana yang diharapkan.

Kemudian juga membahas upaya percepatan penetapan APBG tahun 2020 paling lambat akhir Desember 2019 oleh masing-masing Gampong, jelas Azhari.

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi melalui Kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah Wahidi, S.Pd.MM, Bahwa rapat Koordinasi (Rakor) ini adalah sebagai upaya pemerintah yang khususnya DPMG Aceh yang tujuannya untuk perbaikan kualitas perencanaan dan penganggaran Desa yang berbasis Inovasi. Sebut Wahidi.

Selanjutnya jika untuk berinovasi sangat sulit, maka kita harus mengubah mindset kita untuk menjadi lebih maju dan dapat mewujudkan desa yang eksotis seperti apa yang telah diungkapkan Bupati disetiap kesempatan selama ini.

Selain itu, peran masyarakat desa juga sangat penting. Untuk saat ini, masyarakat didesa  dapat memposisikan dirinya sebagai
mesin penggerak yang dapat memberikan dorongan untuk memajukan desanya, dengan motivasi yang tinggi. Harap Bupati

“Sementara pesan dari Bupati, jangan pernah berhenti, jangan pernah lelah, jangan pernah ragu–ragu untuk selalu memajukan desa masing-masing “ Kata Wahidi.

Rapat koordinasi tersebut berlangsung selama 3 hari dari tanggal 28 Nopember sampai 01 Desember 2019 dan diikuti oleh 700 orang yang terdiri dari Pemangku Kepentingan Provinsi Aceh, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Gampong se-Aceh.

Ditambah dengan unsur-unsur dari DPMG Aceh 4 orang, DPMG 23 orang, Bappeda 23 orang, DPKAD 23 orang, Dinkes 10 orang masing masing Kabupaten/Kota Perwakilan CSR ,Kadin, Unicef, dan LSM 4 orang dan yang lain.

Dengan menghadirkan para nara sumber unsur Irjen pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa Kemendes PDTT RI, Kanwil Dirjen Perbendaharaan Aceh, Senior Advisor Word Bank, Kapolda, Kejati Kadinkes, Kepala BPKP Perwakilan Aceh, dan Narasumber lainnya. Tutup Wahidi.(Putra Mandala)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.