Program Indonesia Sehat (PIS) Gelar FGD di Bener Meriah

By on Friday, 29 November 2019

Redelong| lintasgayo.com – Program Indonesia Sehat (PIS) menggelar Kegiatan Forum Group Discusion (FGD) Program lndonesia melalui pendekatan keluarga, yang diadakan di Aula Gedung Empu Beru, Desa Serule Kayu, Kecamatan Bukit, kabupaten Bener Meriah. Jumat 29/11/2019.

Ketua TP-PKK Bener Meriah, Ny.Nikmah Sarkawi, S. Sy, mengucapkan terima kasih dari Pemerintah Daerah kepada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan pelatihan pemanfaatan tanah dan pekarangan serta focus group discussion program indonesia sehat.

“Dengan pendekatan keluarga, kami yakin acara ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga”, Sebut isteri Bupati Bener Meriah ini.

“kepada bapak ibu semua dapat kami laporkan tentang penyelenggaraan acara dan pelatihan pemanfaatan tanah pekarangan serta focus group discussion program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga di Bener Meriah.” Lanjutnya.

Menurut Nikmah, kegiatan pelatihan pemanfaatan tanah dan pekarangan program indonesia sehat melalui pendekatan keluarga tahun anggaran 2019, bersumber dana setiap sumber pembiayaan acara ini dibebankan kepada kesejahteraan masyarakat setdakab bener meriah tahun DPA tahun anggaran 2019.

“Peserta dua kegiatan ini terdiri dari para anggota TTP-PKK kecamatan TTP-PKK kampung sejumlah 160 orang dengan rincian, peserta berjumlah 140 orang, panitia berjumlah 20 orang” sambung ketua PKK Bener Meriah ini.
Pemanfaatan pekarangan dan halaman asri, teratur, indah dan nyaman merupakan program kelompok kerja Tiga yang meliputi “lumbung hidup, warung hidup, dan apotik hidup, perikanan dan peternakan
Pemanfaatan pekarangan ini diharapkan setiap keluarga dapat memenuhi keperluan gizi secara berkesinambungan sehingga bisa mencegah gizi buruk dan stunting, itulah sebabnya penting diadakan.

“Hari ini juga PKK mengadakan diskusi dengan program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga. Sebagai bagian mitra dengan pemerintah, berfungsinya PKK, fasilitator, perencana dan penggerak pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat”, sambungnya.

Untuk itulah, lanjut Nikmah kami hadir disini sebagai pendorong keluarga untuk mewujudkan generasi sehat dalam keluarganya, saat ini bener meriah dihadapkan dengan beban yang sangat besar, dari data yang kami dapatkan dari dinas kesehatan ada sekitar 1.700 balita yang mengalami gagal tumbuh atau sering disebut stunting.

Untuk mengatasi permasalahan ini maka perlu keterlibatan dari berbagai pihak raits dan lintas terkait untuk mencegah dan menangani stunting sejak dini sehingga Bener Meriah terwujud generasi unggul, benar benar sehat.

Kami menyadari bahwa acara ini jauh dari sempurna terdapat kekurangan disana-sini baik dari segi pendanaan maupun dari segi acara mudah-mudahan di masa yang akan datang kegiatan seperti ini akan lebih baik lagi. Kata Nikmah.

Ketua TP-PKK, Nikmah Sarkawi.S.Sy, didampingi Wakil Ketua III TP-PKK, Rusda, Wakil Sekretaris TP-PKK Sulida Putri, Pemateri Ketua IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Risnawati,S.Si.T, Para peserta perwakilan bidan desa dari kecamatan Se Kabupaten Bener Meriah. (Putra Mandala)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.