Relawan RAPI Bener Meriah Sukses Gelar Napak Tilas

By on Monday, 11 November 2019

Redelong| lintasgayo.com – Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) sukses menggelar Napak Tilas menuju Tugu bersejarah radio perjuangan Rimba Raya Minggu (10/11/19).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan HUT Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Ke-39 Tahun 2019.

Pantauan media ini Napak Tilas dimulai dari Menasah Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo Desa Bale Atu, Kecamatan Bukit, sampai ke Tugu Rimba Raya, Kecamatan Gajah Putih, Kabupaten Bener Meriah.

“Kegiatan ini sangatlah penting diperingati untuk mengenang jasa dari para pahlawan yang telah rela mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI, tujuan dari organisasi ini mengadakan napak tilas untuk mengenang sejarah”, sebut Mandala.

Ketua RAPI Beber Meriah ini mengatakan Rombongan sengaja mengambil start dari menasah tersebut menandakan bahwa Presiden Ke 8 Jokowi ini pernah berdomisili dikabupaten Bener Meriah selama +- 3 tahun. Dan Tugu Rimba Raya adalah bukti sejarah terhadap kemerdekaan Republik Indonesia ini pada agresi meliter ke II tahun 1948 Silam.

“Radio ini dengan lantang mengumandangkan suara dari dalam hutan belantara, kepada dunia Bahwa Republik Indonesia masih ada, inilah cikal bakal, radio yang dipergunakan oleh organisasi RAPI saat ini”, lanjut Mandala dengan semangat.

“Penting kita ketahui kedua tempat tersebut sangat mempunyai nilai histori yang sangat luar biasa terhadap Kabupaten Bener Meriah” lajurnya.

Relawan RAPI beserta satgas karang taruna di tugu Rimba Raya juga mengadakan gotong royong bersama, membersihkan pekarangan tugu tersebut, sekaligus berdoa kepada para Pahlawan yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Terkait dengan HUT RAPI, tupoksi dari organisasi ini adalah membantu pemerintah dalam memberikan informasi melalui alat komunikasi terhadap segala bentuk bencana. RAPI sigap dan cepat tanggap membantu masyarakat disaat bencana juga pasca bencana.

Relawan RAPI adalah organisasi sosial, menjalin kerja sama antara TNI/Polri dalam hal Kantibmas disetiap tempat baik tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa dari sabang sampai marauke. Organisasi RAPI non politik, dan didalam tubuh RAPI sendiri terdiri dari semua unsur, TNI, Polri, PNS dan Masyarakat.

Ketua RAPI Bener Meriah, Adi Saputra Ariga Mandala (JZ01JBN) beserta unsur pengurus dan anggota menggelar acara konvoi start dari Bale Atu ke Tugu Rimba Raya menggunakan kenderaan Roda 4 yang berjumlah 42 unit berbagai jenis.

Napak Tilas di ikuti oleh Wakil Penasehat, Anggota Kurnia Priadi,JAD, Ketua II Ketua III, Sekertaris, Wakil Sekretaris, Bendahara, Wakil Bendahara dan seluruh anggota RAPI ZWJ wilayah 0121 Bener Meriah

Disamping itu juga turut dihadiri Ketua Satgaskom Hendra Aditia JZ01JHN, dan didampingi pihak kepolisian Satuan Lantas Polres Bener Meriah, Satgas Karang Taruna dan kumunitas Kijang Toyota Gayo (KITOGA).

“Melalui HUT RAPI yang Ke-39 ini, yang sudah beranjak dewasa, kami berharap kepada seluruh anggota RAPI dimanapun berada, mari terus kita jalin persatuan dan kesatuan kita dalam wadah organisasi ini, dari Sabang sampai Marauke, Akur diudara, Akrab Didarat serta Iman Dihati”, Tutup Mandala. (MD)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.