Hari Ini 23 Oktober 2019, Operasi Zebra Rencong Resmi Digelar

By on Wednesday, 23 October 2019

Redelong| lintasgayo.com – Kepolisian Resort Polres Bener Meriah menggelar Apel Gelar Pasukan Zebra Rencong 2019, yang dilaksanakan dihalaman Mapolres, Pante Raya, Kacamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah, Rabu Pagi 23/10/2019.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Bener Meriah, AKBP Siswoyo Adi Wijaya, S.Ik, selaku Perwira Apel, Kasat Lantas Polres Bener Meriah, AKP Syabirin, SH, M.Si, dan Komandan Apel yaitu KBO Sat Lantas Polres Bener Meriah Ipda Zahrul.

Kapolres Bener Meriah, AKBP Siswoyo Adi Wijaya, S. Ik, membacakan Amanat Kapolda Aceh, untuk melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Rencong Tahun 2019 diwilayah hukumnya masing masing.

“Kepada hadirin dan peserta Apel Gelar Pasukan, perlu kita ketahui bersama, berdasarkan data analisa dan evaluasi jumlah kecelakaan Lalu Lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra Rencong selama dua tahun terakhir dapat diketahui tahun 2017 terdapat 37 kejadian dan tahun 2018 juga terjadi 37 kejadian, jumlah korban meninggal dunia pada tahun 2017 sebanyak 24 orang dan tahun 2018 turun menjadi 15 orang” kata Kapolres.

Sedangkan pelanggaran lalu lintas pada tahun 2017 terjadi 11.925 pelanggaran dan tahun 2018 meningkat menjadi 12.759 pelanggaran. Data tersebut menunjukkan angka fatalitas korban meninggal dunia mengalami penurunan.

Akan tetapi angka kecelakaan masih tetap relatif tinggi. Hal ini merupakan tanggung jawab kita semua khususnya Polri yang mengemban fungsi Lalu Lintas beserta pemangku kepentingan lainnya, keselamatan dalam berlalu lintas menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam pengembangan transportasi negeri kita saat ini.

Melalui amanat Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta resolusi PBB tentang decade of action dan dijabarkan melalui Keppres nomor 4 tahun 2011 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas (RUNK) serta Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Hal ini merupakan langkah-langkah pemerintah sebagai wujud kepedulian negara untuk Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas

Selanjutnya membanun budaya tertib berlalu lintas, Meningkatkan kualitas pelayanan publik, semua ini merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh suatu institusi saja, melainkan harus adanya sinergitas antar pemangku kepentingan dalam menemukan akar masalah dan menentukan solusi penyelesaiannya secara tuntas dan menyeluruh.

“Untuk mewujudkan kamseltibcarlantas yang lebih baik, menyongsong penghujung tahun 2019, Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui fungsi Lalu Lintas, yang didukung oleh satuan fungsi lainnya dengan melibatkan para pemangku kepentingan, akan menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi “ZEBRA RENCONG 2019” Sebut Siswoyo.

Kepolisian Resort Bener Meriah akan menggelar Operasi Zebra selama 14 hari terhitung dari 23/10/2019 sampai dengan 05/10/2019 yang akan datang, Operasi Zebra ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcar lantas.

“Dengan mengedepankan kegiatan penegakan hukum lalu lintas secara selektif prioritas dengan target operasi yang telah ditentukan yaitu orang, barang, benda, lokasi dan tempat, kegiatan berlalu lintas lainnya guna menciptakan kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman sehingga angka kecelakaan dan fatalitas korban dapat diminimalisir”. Tegas Kapolres.

Pada kesempatan terebut juga, Siswoyo, menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh personil agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai landasan utama dan media kontrol pribadi dalam bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Menjaga keselamatan dalam bertugas dan siapkan serta pelihara kondisi fisik dan mental saudara untuk dapat melaksanakan operasi kepolisian dengan sebaik-baiknya, bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamseltibcarlantas.

Siapkan peralatan, sarana dan prasarana untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas operasi, lakukan komunikasi, koordinasi dan kedepankan kerjasama yang sinergis serta harmonis dengan seluruh instansi terkait dan segenap elemen masyarakat dalam rangka keberhasilan operasi ini.

“Hindari segala tindakan yang dapat mencoreng nama baik institusi, Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Rencong 2019 semoga berjalan aman dan lancar”. Tutup Siswoyo.

Dan penyematan tanda pita operasi dilakukan oleh Kapolres Bener Meriah kepada perwakilan, Prajurit Subdenpom Persiapan Bener Meriah, Sertu Cpm Dedi J.Personil Sat Lantas Polres Bener Meriah, Briptu Vadly Chaniara, ASN Dishub Bener Meriah Rian Putra, ST.

Dalam Apel Gelar Pasukan turut dihadiri Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi, unsur Forkopimda dan Forkopimda plus, unsur TNI, Dishub, satpol PP, ASN, Badan, Intansi dan organisasi serta para tamu undangan.(Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.