Pemerintah Sosialisasi Bahaya Narkoba Kepada Generasi Muda di Kecamatan Bandar.

By on Saturday, 5 October 2019

Redelong| lintasgayo.com – Plt. Sekda hadiri Sosialisasi Penyebaran Informasi Pembinaan Generasi Muda Bebas Dari Narkoba Oleh Dinas Komunikasi, Informatika Dan Persandian Propinsi Aceh, bekerja sama dengan Diskominfo Bener Meriah di Kampung Mutiara, Kecamatan Bandar, Jumat malam 04/10/2019.

Kadis Komunikasi dan Informatika Bener Meriah, Irmansyah, S.TTP, M.Sos, Dalam acara panggung pertunjukan rakyat tradisional dengan jauhi narkoba, tingkatkan iman dan takwa tema adalah motto generasi muda aceh, yang pada malam ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Bandar.

“Kami dari kominfo Kabupaten Bener Meriah menyampaikan bahwa penyebarluasan informasi yang bersifat penyuluhan bagi masyarakat yang bekerja sama dengan dinas komunikasi,informatika dan persandian Provinsi Aceh” sebut Irman.

Melalui program penyebarluasan informasi yang bersifat penyuluhan narkoba kepada masyarakat guna mencegah semakin banyaknya generasi muda pecandu narkoba, yang mengahancurkan generasi muda dan bangsa Indonesia kedepan.

Penyuluhan serta penyebaran ini juga memberikan pemahaman bagi generasi muda dan masyarakat agar berahlak mulia dan bebas narkoba serta membangun kebersamaan dan menambah motivasi kreatifitas para generasi muda sebagai penerus bangsa tanpa narkoba.

“Harapannya melalui panggung pertunjukan rakyat tradisonal ini diharapkan menjalin silaturahmi sesama tentang pembinaan generasi muda bebas dari narkoba kita dan tersampaikannya informasi bahaya pinyalahgunaan narkoba”. Tegas Irman.

Bupati Bener Meriah, Melalui Plt. Sekda Bener Meriah, Khairun Aksa, SE, MM yang mewakili pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah merasa bersyukur dan mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Dinas Kominfo Propinsi Aceh dan Dinas kominfo Kabupaten Bener Meriah yang mensosialisasikan atau pemberitahuan bahaya narkoba terhadap generasi Muda yang ada di Kabupaten Bener Meriah Ini.

“Semoga seluruh masyarakat Kabupaten Bener Meriah dengan adanya hal seperti ini dapat mengerti dan terus menjauhi bahaya narkoba terhadap lingkungan generasi muda di tengah-tengah masyarakat kita” sebut Aksa.

“Kami mewakili pemerintah mengajak mari sama-sama terus kita berantas narkoba tersebut di tengah-tengah kita , seperti program dari Bapak Bupati Bener Meriah sendiri agar Bener Meriah Islami, Harmoni, maju dan sejahtera” Seru Aksa.

Kasat Narkoba Polres Bener Meriah, Iptu Muhamad Daud,SH. Mengatakan Permasalahan Beberapa faktor penyebab penyalahgunakan Narkoba bahwa pemakai mudah terpengaruhi rasa ingin tau.

“Solidaritas kelompok ingin tampil menonjol dan pelampiasan rasa bosan dan stres tidak mampu menghadapi tekanan, tujuannya hanya untuk senang – senang, adanya kesempatan dan tempat serta kurangnya pengawasan dari orang tua” jelas Kasat Narkoba.

Daud menjlaskan Ciri-ciri pengguna narkoba diantaranya kesehatan fisik menurun, penampilan diri menurun badan kurus, lemas dan malas, suhu badan tidak beraturan pernafasan lambat dan dangkal, pupil mata mengecil mata merah, serta tekanan darah menurun kejang otot kesadaran makin lama makin menurun selera makan menurun bersikap lebih kasar.

“Perubahan sikap dan perilaku akibat mengkonsumsi narkoba membolos, prestasi menurun, berbohong sering emosi, mudah marah, tersinggung perubahan pola tidur perubahan dalam memilih teman menghindari pertemuan dengan anggota keluarga”, lanjut Daud.

Dampak medis dan kesehatan akibat penyalah gunaan narkoba kelainan pembuluh darah katarak kanker darah kanker (paru-paru dan jenis lain) bronkhitis kronis gangguan paru gejala-gejala asma penyakit sumbatan pada paru.

Juga radang paru-paru penyakit jantung (stroke, serangan jantung) penyakit pembuluh darah membahayakan janin selama kehamilan berat badan bayi lahir rendah Pertumbuhan janin lambat dan keguguran kumpulan gejala kematian mendadak pada bayi.

Dampak akibat penyalahgunaan narkoba, cepat emosi, sering membuat kekacauan dimasyarakat, merasa diri sudah lebih segala-galanya, tidak mau tau dengan aturan yang ada, rusaknya generasi muda generasi penerus hilangnya rasa patriotisme yaitu hilangnya rasa cinta & bangga terhadap NKRI, dan yang lainnya.

Acara pelaksanaan sosialisasi Penyebaran Informasi Pembinaan Generasi Muda Bebas Dari Narkoba Oleh Dinas Komunikasi, Informatika Dan Persandian Propinsi Aceh, dilanjutkan dengan hiburan rakyat berupa seni dan budaya dan pemutaran film dokumenter tentang bahaya narkoba.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Bandar, Kapolsek, Danramil, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Dinas Kesehatan, Perhubungan, Satpol PP, RAPI, organisasi kepemudaan dan masyarakat Kecamatan Bandar. (Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.