Plt. Gubernur Aceh Dukung Penguatan Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Aceh

By on Friday, 13 September 2019

Banda Aceh| lintasgayo.com – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir.H.Nova Iriansyah membuka pelaksanaan kegiatan acara Rakornis Penguatan Kelembagaan PPID Kabupaten/Kota Se-Aceh di Kyriad Murayya Hotel Banda Aceh, Rabu 11 September 2019.

Plt. Gubernur Aceh, Ir.H.Nova Iriansyah menyampaikan Keterbukaan Informasi Publik harus dibuka selebar-lebarnya demi mewujudkan masyarakat yang partisipatif terhadap pengawasan proses pembangunan dan pelaksanaan pemerintahan.

Selain itu peran fungsi PPID di jajaran Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota, harus mampu menjaga kebutuhan pemenuhan hak masyarakat terhadap informasi publik.

“partisipasi masyarakat sangat penting, tanpa itu kita tidak bisa melaksanakan pembangunan dengan baik terutama dalam bidang pembangunan” ujar Plt. Gubernur Aceh.

Nova juga mendorong seluruh Pemerintah Kabupaten/kota di Aceh melakukan penguatan Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik.

Sementara kadis Kominfo, informatika dan persandian Aceh Marwan Nusuf menyatakan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas Keterbukaan Informasi Publik baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/kota.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama penguatan kelembagaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se Aceh guna meningkatkan kualitas keterbukaan informasi publik.

Penandatangan dilakukan oleh seluruh Sekretaris Daerah dari 23 Kabupaten/Kota, dari kabupaten Bener Meriah langsung di hadiri Plt. Sekda Khairun Aksa, SE. MM dan didampingi Kadis Kominfo Irmansyah, SSTP. M.Sos juga turut hadir Kadis Kominfo Kabupaten Aceh Tengah khairuddin Yoes, ST, MM.

Penandatanganan komitmen bersama ini mengangkat 3 bidang kesepakatan kerjasa sama diantaranya
1. Implementasi Keterbukaan Informasi Publik
2. Sistem Pengelolaan pengaduan pelayanan publik, layanan aspirasi, pengaduan on-line dri masyarakat
3. Sistem informasi dan teknologi informasi komunikasi berbagi pakai dan terintegrasi

Dalam acara rakornis yang dimulai tanggal 10 sampai 12 september 2019 tampak hadir Ketua Komisi Informasi Pusat, kemendagri, Ombudsman Aceh, Inspektorat Aceh, Ketua Komisi Informasi Aceh, Sekda se Aceh dan seluruh kadis Kominfo se Aceh.

Disela sela acara ini, Kadis Kominfo Irmansyah, menyempatkan berkoordinasi dan silaturahmi dengan General Manager PT. Telkom Aceh Subhan, ST, yang merupakan putra asli Pondok Baru.

“Kita menyampaikan permohonan langsung kepada PT. Telkom Aceh melalui Surat Resmi dari Bapak Bupati Bener Meriah dengan Nomor 555.1/1195 tentang Penambahan dan Perluasan Jaringan Telkom” sebut Irman.

Dalam rangka HUT RRI ke 74, Irman mengaku menyempatkan diri untuk berhadir ke Korwil RRI Banda Aceh menindaklanjuti penguatan jaringan Telkom di wilayah Kecamatan Permata, Bener Kelipah, Rumah Adat Pitu Ruang, Taman Harmoni dan ditempat strategis lainnya. (Putra Mandala/ Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.