Peringati HUT RI ke-74, Ini Aneka Kegiatan Samar kilang

By on Friday, 9 August 2019

Redelong|Lintasgayo.com –  Sejumlah agenda olahraga dan budaya di Kemukiman Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah akan ramaikan peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019 ini.

“Bersama unsur Muspika, Imam Mukim dan para Reje Kampung sudah kita agendakan sejumlah kegiatan selain yang agenda utama peringatan detik-detik Proklamasi,” ungkap Koordinator Peringatan HUT RI ke 74 Kecamatan Syiah Utama, Mahran, Kamis 8 Agustus 2019.

Diantara kegiatan itu, rincinya, pertandingan olahraga antara kampung seperti sepak bola dan bola voly.

“Yang menarik ada hal baru tahun ini yakni lomba perahu arung jeram, rakit bambu, renang dan balap sepeda dan permainan rakyat lainnya,” ungkap Sekcam Syiah Utama ini.

Dijelaskan lagi, yang sedang diperlombakan masih sepak bola. Menyusul bola voly. Sementara yang lainnya dalam tahap persiapan.

Pagelaran seni tentu tidak luput dipertontonkan. Timpalnya. Diantaranya Didong dan Saman serta baca puisi yang akan disampaikan penyair internasional, Salman Yoga.

“Setelah sekian lama, tari Saman baru kali ini ditampilkan di Samarkilang,” ujar Mahran bersemangat.

Kegiatan lainnya akan diisi dengan bakti sosial membersihkan komplek makam bersejarah, Tgk Bener Meriah, Datok Naru dan Tgk Paloh.

“Banyak makam pejuang dan orang berjasa di Samar kilang, nanti akan kita bersihkan di kesempatan berikutnya,” ujar Mahran.

Ditanya kesiapan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Mahran menyatakan sudah hampir rampung, tinggal pematangan saja.

“Para pelatih dari TNI dan Polri sudah berminggu menyiapkan Paskibra, InsyaAllah sudah siap bertugas untuk tanggal 17 Agustus ini,” tutup Mahran. (Samar/ Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.