Bupati Bener Meriah Buka Bimbingan Manasik Haji

By on Tuesday, 2 July 2019


Redelong| lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah, Tgk.H.Sarkawi resmi membuka manasik kepada para calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci. Kegiatan diadakan di Aula Kantor Kementerian Agama Pante Raya, Senin (01/07/19).

Tgk. H. Sarkawi, berharap agar para calon jamaah haji yang mengikuti manasik haji tahun ini agar dapat memanfaatkan dan mempelajari secara serius, terkait dengan bimbingan, baik itu secara teori yang ada.

Menurutnya hal terpenting terhadap para calon jamaah haji agar dapat menjaga kesehatan dengan baik.

“sudah menjadi pengalaman buat kita, kendala terhadap para jamaah dari Bener Meriah adalah masalah cuaca, karena kita sudah terbiasa dengan cuaca dingin, maka dari itu kita harus benar-benar menjaga kesehatan dengan baik” sebut Sarkawi.

Dengan seringnya diberi penjelasan tentang haji, maka para calon jamaah haji lebih dapat memahami dan lebih mengerti hal apa saja yang akan dilaksanakan selama berhaji nantinya. ”Mudah-mudahan semakin diberikan penjelasan maka semakin dimengerti dan jelas.

Pelepasan calon jamaah haji tahun 2019 ini, akan secara bersama sama di lepas dan diharapkan dapat dihadiri oleh para jamaah haji yang telah kembali sebelumnya dari tanah suci.

Kepala Kantor Kementerian Agama Bener Meriah, Saidi B,S.Ag, MA, juga menyampaikan, kegiatan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten akan dilaksanakan selama dua hari yang akan dilaksanakan dari tanggal 01 juli S/d 02 juli 2019.

Selanjutnya Kemenag, calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini dari bener meriah, berjumlah 82 orang yang terbagi dalam dua keloter. “Pada keloter 3 jamaah calon haji sebanyak 77 orang, dan tambahan calon haji di keloter 12 sebanyak 5 orang.

Sebagai Rincian, dari Kecamatan Permata, berjumlah 10 orang, 5 laki-laki dan 5 perempuan. Bener Kelipah 5 orang, 2 laki-laki dan 3 perempuan. Bandar 17 orang, 8 laki-laki dan 9 perempuan.

Bukit 18 orang, 8 laki-laki dan 10 perempuan, Wih Pesam 8 orang, 3 laki-laki dan 5 perempuan. Timang Gajah 13 orang, 6 laki-laki dan 7 perempuan. Gajah Putih 3 orang, 2 laki-laki dan 1 orang perempuan.

Sementara untuk Kecamatan Pintu Rime Gayo, jamaah calon haji tahun ini berjumlah 1 orang, calon jamaah haji itu akan di berangkatkan pada tahab kedua pada keloter 12. Untuk Kecamatan Syiah Utama dan Mesidah tahun ini belum ada berangkat tahun ini.

Untuk hal selanjutnya kloter 3 meliputi beberapa kabupaten /kota di Aceh, untuk Kabupaten jamaahnya sebanyak 77 orang, Aceh Tengah 122 orang, Gayo Lues 56 orang, Aceh Tenggara 78 orang.

Kabupaten Nagan Raya 35 orang, dan Subulussalam 6 orang, total jumlah calon jamaah haji sebanyak 398 orang ditambah 5 orang petugas dan 3 orang pendamping.

Keberangkatan para calon jamaah haji, semula direncanakan jamaah berangkat tanggal 26 Juli 2019 untuk jadwal terbang, dengan demikian tanggal 25 jamaah sudah masuk asrama haji. Karena ada perobahan jadwal keberangkatan di majukan satu hari, yaitu tanggal 24 Juli 2019.

Kemudian untuk jamaah haji kabupaten Bener Meriah akan diberangkat ke embarkasi Banda Aceh, tanggal 25 Juli 2019 akan diberangkatkan ke tanah suci.” Demikian penjelasan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah, Sebut Saidi. (Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.