Bener Meriah Gelar Desiminasi HAM Bagi Aparatur Pemerintah

By on Tuesday, 18 June 2019

Redelong| Lintasgayo.com – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah menggelar Diseminasi HAM bagi aparatur pemerintah di kabupaten bener meriah, dalam rangka Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia di Aula Setdakab Bener Meriah, Komplek Serule Kayu kecamatan Bukit (17/06/19).

Acara yang bertema “Kita Tingkatkan Pengormatan Pemenuhan Penegakan dan Pemajuan HAM” ini dibuka oleh Bupati Bener Meriah yang diwakili oleh Drs. Mukhlis Asisten I Bidang Pemerintahan.

Dalam sambutanya, Mukhlis berharap Bener Meriah menjadi kabupaten yang perduli terhadap HAM dan dapat bekerjasama dari seluruh dinas, badan, kantor serta intansi terkait lainnya.

“Bagaimanapun, di tengah kemajuan modern ini yang juga penting bagi kabupaten agenda pemajuan dan penegakan HAM juga sangat penting, karena menjadi pondasi bagi pembangunan yang berkelanjutan dan humanis, yakni untuk kesejahteraan lapisan masyarakat tanpa terkecuali”, sebut Muklis.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Hukum Setdakab, Samusi Perwira Dade S.Ip, M,Si, mengajak Dinas Syariat Islam, Kejaksaan, Kepolisian, Wilayatul Hisbah, MPU, untuk menjalin kerja sama dalam penegakan HAM secara bersama sama.

“Mari kita menjalankannya semaksimal mungkin, sehingga dapat mewujudkan visi-misi dinas sebagai perpanjangan tangan bupati untuk mewujudkan kabupaten Bener Meriah Islami, Harmoni, Maju dan sejahtera dan menjadikan kabupaten ini menjadi negeri yang Baldatun Thoyyibatun warobbun ghofur”, timpal nya.

Mewakili Kementrian Hukum dan HAM wilayah Aceh, Irfan, SH, MH, mengatakan dengan adanya panduan dan kerjasama ini, maka kesejahteraan masyarakat secara inklusif akan dapat terbantu, agar pembangunan infrasruktur bisa selaras dengan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM.

“Demi menegakkan hak asasi manusia yang dimiliki oleh warga negara Indonesia, pemerintah perlu melakukan beberapa upaya guna menjaga dan melindungi hak asasi masyarakat. sebagai salah satu bentuk penerapan tujuan pemerintah yang berdaulat ke dalam dan keluar” jelas Irfan.

Menurutnya Semua itu dapat ditunjukkan dengan dasar hukum yang mengatur tentang HAM. “Kita semua tentu berharap bahwa situasi pemajuan dan penegakan HAM di 2019 akan lebih baik. dengan kerja sama dari masing masing dinas kita jadikan kabupaten bener meriah peduli HAM kedepan” lanjutnya.

Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan daripada perempuan, Widya Astuti kabid Bina Hukum Syariat Islam, Kejaksaan, Wilayatul Hisbah, Satpol PP, Bagian hukum Setdakab dan Sekertaris Dinas Pendidikan dan Pengajar, Hizbullah dan Intansi terkait lainnya. (Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.