Gunung Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik

By on Sunday, 9 June 2019

Tanah Karo| Lintasgayo.com – Gunung api Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengalami erupsi pada hari ini, Minggu 09/05/2019 pukul 16.30 WIB.

Warga Singgamanik, Sura Edi Sinuraya 27 tahun, anggota TAGANA Sosial Tanah karo, Mengatakan kepada media ini, Sebelum Abu vulkanik keluar dari kawah gunung api tersebut terdengar seperti suara gemuruh yang sangat keras, dalam hal ini warga merasa terkejut dengan penomena ini.

“akhir-akhir ini warga cukup merasa resah untuk beraktivitas. Apalagi dengan Desa Singgamanik tidak terlalu jauh”, Sebut Sura Edi Sinuraya.

Pengamat gunung api Sinabung Armen Putra, menyebutkan erupsi kali ini, Sinabung mengeluarkan material berupa abu vulkanik dengan tinggi kolom sekitar 2.000 meter di atas puncak gunung kurang lebih setinggi 4.960 di atas permukaan laut.

Dirinya mengaku, erupsi kali ini lebih kecil dibandingkan dengan erupsi yang terjadi pada Selasa 07/06/2019 sebelumnya, tetapi Kalau ketinggian hampir sama, tapi yang tanggal 7 kemaren durasinya relatif lebih lama, amplitudonya juga lebih besar.

Kalau yang tadi pagi anginnya relatif lebih tenang, makanya abunya lebih tinggi, kemarin abunya menyebar karena anginnya lebih kencang, meskipun status Sinabung saat ini sudah turun satu level namun kondisinya belum benar-benar aman.

“Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status level IV atau ‘Awas.’ Rekomendasi yang dikeluarkan oleh PVMBG–Badan Geologi yakni, masyarakat atau pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km untuk sektor Utara-Barat, 4 km untuk sektor Selatan-Barat”, Sebut Armen. (Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.