Pratu Kasnun di Makamkan di Kampung Celala Aceh Tengah

By on Wednesday, 15 May 2019

Takengon| Lintasgayo.com – Jenazah Pratu Kasnun prajurit TNI asal Celala Takengon Aceh Tengah yang gugur di ujung Timur Indonesia, Papua, pukul 04.15 Wib, tadi pagi tiba di kampung halamanya Dusun Tanjung, Kampung Melala, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu dinihari 15/5/2019.

Upacara pemakaman secara militer yang dipimpin langsung, Komandan kodim 0106 Aceh Tengah/Bener Meriah, Letkol Inf, Hendri Widodo, sebagai Inspektur Upacara, komandan upacara, Danramil 06/Silihnara, Kapten Inf. Iwan Mulyawan dan diikuti seluruh anggota, ini penghormatan terhadap Anumerta Pratu Kasnun.

Sekaligus menjadi akhir dari seluruh Fardhu kifayah sebagai penghormatan terakhir dari Pasukan Makodim 0106 juga Batalion RK 114/SM. untuk sang Bunga Negara putra terbaik dari tanah Gayo, Aceh Tengah, yang gugur saat sedang menjalankan tugas negara.

Ucapan selamat jalan dari seluruh anggota untuk Kesumat bangsa, bahwa jasamu akan selalu dikenang, gugur dalam medan perang, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, namamu tetap diingat dari Sabang sampai Marauke, terkhusus bagi masyarakat Tanoh Gayo Propensi Aceh.

Pemakaman sempat terencana di Taman Makam Pahlawan Reje Bukit,Takengon, tetapi permintaan dari kedua orang tuanya, almarhum Hasnun dikembumikan pada pemakaman keluarga yang berada disekitar kediamannya di Desa Melala, kacamatan Celala, Aceh Tengah.

Acara pemakaman disaksikan oleh seluruh keluarga, kerabat, sanak pamili dan masyarakat. Serta didampingi pihak dari Makodim 0106 Aceh Tengah, anggota Batalion Rieder Khusus 114/SM, sementara dimulai jam 09.30 wib, dan selesai jam 11.00 wib

Pada dasarnya dan seperti yang diketahui meninggal di Papua dalam aksi kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua, Senin tanggal 13/5/2019 kemarin.

Dalam baku tembak tersebut, Almarhum seorang prajurit TNI dari Anggota Yonif Reider 321/GT Asal Aceh tengah meninggal dunia ketika di perjalanan saat akan dievakuasi menggunakan pesawat Helly Bell ke RS Charitas, Timika, karena mengalami luka tembak pada bagian punggung.(Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.