Anggota Yonif Raider 321/GT Asal Aceh Tengah Gugur Dalam Tugas di Papua

By on Tuesday, 14 May 2019

 

Pratu Kasnun

Takengon| lintasgayo.com -Anggota Satgas Yonif Raider 321/GT, Pratu Kasnun, putra Gayo asal celala,Takengon, kabupaten Aceh Tengah, Gugur dalam kontak tembak dengan kelompok KKSB, Senin tanggal 13 Mei 2019, pukul 11.15 WIT di Co- 0387-3047 tepatnya di Ujung Bandara Mugi Papua.

Informasi yang dihimpun dari beberapa sumber dan akun facebook Wenny Ariesty, calon istri pratu Kasnun, bahwa kronologis kejadian anggota yonif Reider 321/GT berjumlah 12 orang yang dipimpin Serka Acep Sujai berangkat dari titik Mugi di Co 0371-3080 menuju ujung bandara Mugi untuk melaksanakan patroli sekaligus mengambil air karena sudah beberapa hari tidak ada hujan.

Saat sedang bergerak menuju tempat tersebut terdengar bunyi tembakan dari arah ketinggian kurang lebih 100-200 meter.selanjutnya terjadi kontak tembak dengan Kelompok KKSB yang mengakibatkan Pratu Kasnun terluka terkena tembakan dibagian punggung atas bagian kiri tembus bahu kiri.

Kemudian anggota yang lain membalas tembakan dan melaksanakan evakuasi terhadap pratu kasnum ke titik Mugi, dan dilaksanakan pengejaran oleh 3 Tim, terdiri dari Tim 1/A dipimpin Letda Fajar, Tim 2/A dipimpin Serka Bakhdo dan Tim 7/A dipimpin Sertu Ricky Ananta, untuk posisi KKSB sudah melarikan kehutan.

Almarhum Pratu kasnun menghebuskan nafas terakhirnya pada saat proses perjalanan evakuasi menggunakan pesawat Helly Bell ke Timika pada pukul 13.00 wita, waktu setempat, dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Chiritas Timika.

Kedatangan jenazah Almarhum Pratu Kasnun di bandara sultan Iskandar muda (SIM) Banda Aceh hari selasa 14/05 selanjutnya diberangkatkan kekampung halaman melalui jalur darat dari
Banda Aceh menuju kampung Celala, Takengon Kabupaten Aceh Tengah menggunakan ambulan.(Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.