Aktivis dan Jurnalis Gelar Diskusi Tambang di Aceh Tengah

By on Wednesday, 1 May 2019

Takengen| Lintasgayo.com – HMI Cabang Takengon bekerja sama dengan, forum jurnalis lingkungan (FJL) dan aliansi jurnalis independen (AJI) Bireun menggelar Nonton Bareng The Sexy Killers dan diskusi tambang di Datu Coffe Takengon (30/04/19).

Diskusi dengan tema “Menyoal Kehadiran PT. EMM dan PT Linge mineral Reseorces di Tanoh Gayo” ini dihadiri oleh WALHI Aceh, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov Aceh, Perwakilan Dinas ESDM Prov Aceh dan Kabag ekonomi Aceh Tengah sebagai pembicara pada kegiatan tersebut

Suyanto, ketua umum HMI cabang Takengon menyatakan Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, Bukan tidak mungkin apa yang kita lihat di dalam filem sexy killer bakalan terjadi di daerah kita. Kehadiran PT. Linge mineral reseorces di Gayo menjadi tantangan besar untuk masyarakat, kita perlu mengkaji dampak tambang tersebut baik dari berbagai perspektif sosial, lingkungan, ekonomi, maupun kesehatan.

“Kita berharap Pemda serius dalam menyikapi kehadiran PT LMR di Gayo, diskusi ini merupakan yang ke dua kalinya di adakan setelah sebelumnya di adakan oleh kawan2 amanat di kute cofe sebelum aksi penolakan tambang di gayo yang di lakukan beberapa waktu yang lalu” jelas Suyanto

Ketua HMI cabang Takengon ini juga mempertanyakan komitmen pemerintah untuk mengedukasi masyarakat dan meminta pemerintah menghadirkan pihak PT. Linge Mineral dalam diskusi tersebut.

“Kenapa tidak pemerintah daerah mengadakan diskusi terkait hal ini dengan mengundang semua stakeholder bahkan Pemda seharusnya menghadirkan pihak PT LMR sebagai bentuk edukasi bagi kita semua” tutup Suyanto ( Ihfa/Red)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.