Gayo Cerdas Ciptakan Pemilu Damai

By on Wednesday, 3 April 2019

Takengen |lintasgayo.com- Rakyat yang cerdas adalah rakyat yang mampu menciptakan kedamaian. Mau menangkal menangkal berbagai upaya untuk berbuat kerusakan. Punya harga diri dan santun dalam sebuah kompetisi.

Budaya Gayo dikenal santun dan punya harga diri. Kesantunan budaya itulah menjadi pemersatu untuk menciptakan Pemilu damai. Berbagai elemen di Gayo, Aceh Tengah, bertekad melaksanakan Pemilu 2019 berlangsung dengan tertib dan damai.

Tekad masyarakat itu disampaikan dalam sebuah deklarasi Pemilu damai. Berbagai elemen masyarakat menyatakan tekadnya untuk menyukseskan Pemilu dalam kedamaian.

Deklarasi Pemilu damai yang digagasi Komite Independan Pemilihan (KIP) Aceh Tengah, bekerja sama dengan KNPI, berlangsung di Gedung Olah Seni,Selasa (2/4/2019). Bukan hanya dua elemen ini yang menanda tagani pemilu damai, namun di sana juga hadir ormas, LSM, kelompok dissabilitas, organisasi perempuan, mahasiswa dan kalangan masyarakat.

“Pemilu yang berkualitas sangat ditentukan oleh peran aktif dari semua pihak. Peyelenggara harus independen, agar hasil yang diperoleh benar benar merupakan keinginan rakyat,” sebut Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar.

“Kita berharap partisipasi masyarakat semakin meningkat dan Pemilu 2019 sukses. Gayo itu santun dan berbudaya. Mari kita jaga persatuan dan tidak terpecah karena berbeda pilihan,” pinta Shabela.

Shabela berharap, agar semua pihak senantiasa memberikan sosialisasi kepada masyarakat demi terciptanya Pemilu yang damai, tertib dan nyaman.

Harapan senada juga disamapikan ketua KIP Aceh Tengah, Yunadi HR. Dia berharap pelaksanaan Pemilu yang hanya menghitung hari pelaksanaanya, harus didukung oleh semua pihak.

“Tanpa dukungan semua pihak, kami sebagai penyelenggara tidak mampu melakukan tugas yang berat ini. Amanah ini akan terasa ringan, bila semua pihak saling bahu membahu menyukseskan pesta demokrasi ini,” sebut Yun.

“Masyarakat cerdas, bukan hanya pintar dalam menentukan pilihan. Namun, juga cerdas dalam menciptakan kedamaian,” kata Edi Gunawan, ketua KNPI Aceh Tengah, yang meminta seluruh elemen pemuda menyukseskan pemilu damai.

Selain membacakan ikrar Pemilu damai yang dibacakan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, agenda sosialisasi Pemilu damai itu juga diisi dengan  seminar, pagelaran musikalisasi puisi, stand up komedi, serta pertunjukan kesenian. (LG 03/Iqoni RS)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.