Festival Makan Durian Promosi Wisata Air Terjun Reje Ilang Sukses

By on Monday, 4 March 2019

 

Redelong| lintasgayo.com – Bersama Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Regional II Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Reza Fahlevi didampingi Plt. Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, secara resmi membuka Festival makan Durian yang berlangsung sangat meriah di kawasan objek wisata Air Terjun Reje Ilang, Kampung Meriah Jaya, Kecamatan Gajah Putih, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, pada Sabtu kemaren 02/3/2019

Sebagai ketua Penyelenggaraan event ini dan diprakarsa oleh Plt. Bupati Bener Meriah Tgk.H.Sarkawi dalam upaya memperkenalkan salah objek wisata Air Terjun Reje Ilang dan agro wisata durian di kawasan kecamatan Gajah Putih dan sekitarnya yang meliputi kecamatan Timang Gajah dan kecamatan Pintu Rime Gayo.

Acara yang digelar dibawah koordinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah dan Pemerintahan Kecamatan Gajah Putih bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Meriah Jaya ini menyiapkan sedikitnya 1000 butir buah durian itu ludes dilahap oleh lebih dari 500 peserta, yang berasal dari sejumlah kabupaten kota di Aceh bahkan ikut 1 (satu) peserta dari negara jiran Malaysia dan Sumatera Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si. dalam laporanya menyebutkan bahwa pihak panitia menyiapkan 1000 buah durian dan menargetkan 500 orang peserta dan pengunjung acara yang baru pertama kali digelar tersebut yang juga dimeriahkan dengan beberapa lomba, seperti lomba makan durian dan kontes durian disamping acara makan durian bersama sepuasnya serta ekspedisi ke Air Terjun Reje Ilang.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Regional II Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Reza Fahlevi menilai, Bener Meriah memiliki potensi wisata yang cukup besar sehingga layak untuk terus didorong dan dikembangkan dan pihaknya sangat mengapresiasi dan mensuport kegiatan-kegiatan yang mendorong tentang pengembangan pariwisata untuk kedepan.

Apalagi Bener Meriah ini merupakan salah satu destinasi wisata terindah, dari sisi alam dan budayanya, hampir tidak ada yang selengkap disini, punya gunung, sungai, kopi dan udaranya yang sejuk, ini potensi yang begitu besar, sebut Reza Fahlevi.

Bener Meriah sendiri merupakan salah satu sentra penghasil kopi Arabika Gayo dan berbagai komoditi unggulan lainnya termasuk durian di Aceh, dimana buah berduri dan cita rasa nikmat dengan aroma khas tersebut dapat dinikmati oleh para pecintanya dan penikmatnya sedikitnya di 3 kecamatan, yakni kecamatan Timang Gajah, Gajah Putih dan Pintu Rime Gayo dan kini juga sudah mulai dikembangkan para di wilayah kecamatan Mesidah dan Syiah Utama.

Tampak hadir diacara ini selain unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus, juga dihadiri Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Khairun Aksa, SE., MM, Para Asisten dan sejumlah Kepala SKPK dijajaran Pemda Bener Meriah juga turut dihadiri M.Nasir Djamil salah seorang anggota DPR RI yang secara kebetulan sedang berada di Bener Meriah.(Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.