Puting Beliung Kembali Rusak Rumah Warga Wih Pesam

By on Saturday, 9 February 2019

Redelong| Lintasgayo.com – Angin puting beliung kembali merusak rumah ibadah dan beberapa rumah warga dua Desa di kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Sabtu 09/02/19 pukul 17.00 WIB.

Amatan lintasgayo.com dilapangan, akibat hantaman angin puting beliung mengakibatkan 1 unit Rumah ibadah (menasah) bagian teras rusak, 1 unit kantor milik SAR atapnya bergeser, dan 6 unit rumah lainnya rusak berat dan rusak ringan sebanyak 5 unit.

Camat Wih Pesam, Iwan Pasha S.STP.M.Si, yang didampingi Kabag Umum Pemkab Bener Meriah Taslim (JZ01JTL) saat di hubungi di lokasi kejadian mengatakan angin puting beliung yang tiba tiba datang dari arah selatan dan berputar sampai utara, sehingga menerbangkan seng rumah daripada penduduk di 2 desa, antara desa wih Pesam dan desa Pante Raya, kecamatan Wih Pesam Kantor SAR, termasuk Sarana ibadah (menasah).

Adapun rumah penduduk yang terkena angin puting milik saudara Rinu 33 tahun, kepala keluarga, jumlah bersama istri dan anak 4 orang, bagian atap rumah terbang, kemudian saudara Rido 29 tahun, kepala keluarga dengan 4 jiwa, bagian teras rumah hancur, selanjutnya Adam malik 40 tahun, dengan 3 jiwa, bagian depan bagian teras habis, sementara sarana ibadah (Menasah) desa wih pesam bagian teras sebelah kiri habis, juga kantor sekertariat SAR atap bagian atas bergeser kebelakang, ini terdapat di Desa Wih Pesam.

Selanjutnya di desa Pante Raya rumah milik saudara Kurniawan 25 tahun, Sebagai kepala keluarga dengan 3 orang anggota keluarga, kerusakan bagian atap rumah lantai 2, dan milik saudara Sulaiman 60 tahun kepala keluarga, dengan jumlah jiwa 7 orang, kerugian bagian atap rumah seng terbang, dan ada 1 unit rumah yang tidak tau pemiliknya diduga sebagai gudang tempat penyimpanan barang.

Tim yang berwenang sudah berada di tempat kejadian untuk membantu membersihkan puing puing dari bencana alam puting beliung yang terdiri dari Pihak TNI/Polri, BPBD,TAGANA Sosial, Tim Relawan Aceh (TRA) dan Relawan komunikasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah 0121, dibantu masyarakat setempat.

Plt. Bupati kabupaten Bener Meriah Tgk. H. Syarkawi yang menyempatkan diri hadir ke lokasi kejadian setelah satu harian mengikuti kegiatan Arung jeram di kecamatan Pintu Rime Gayo untuk memberikan bantuan masa panik kepada korban bencana alam angin puting beliung di 2 Desa didalam wilayah kecamatan wih pesam, Kabupaten Bener Meriah.

Informasi awal kejadian diterima dari Purnawan JZ01JPN dan dikembangkan ke seluruh anggota RAPI ZWJ Wilayah 0121, dari RAPI langsung di informasikan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). (Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.