Gunakan Trail, Tgk.Syarqawi Blusukan ke 3 Kecamatan Bener Meriah

By on Monday, 4 February 2019

Dok: M. Surya (JZ01JSC)

Redelong| Lintasgayo.com – Dengan menggunakan kendaraan roda dua jenis trail, Plt. Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi bersama sejumlah anggota komunitas trail Bener meriah menjelajahi tiga kecamatan yaitu kecamatan Timang Gajah, Gajah Putih dan Pințu Rime Gayo, Sabtu 02/02/2019

Menurut amatan media Lintasgayo.com, Wakil Bupati Bener Meriah rombongan menuju objek wisata pendakian Burni Telong yang terletak di Kampung Rembune Kecamatan Timang Gajah, Di tempat ini Plt. Bupati Tgk. H. Sarkawi bertemu dengan sekelompok mahasiswa pencinta alam asal Kota Banda Aceh yang akan melakukan pendakian dan berencana bermalam di puncak salah satu gunung api aktif yang ada di dataran tinggi tanah gayo ini.

Plt. Bupati Tgk. H. Sarkawi sempat memberikan beberapa arahan agar para pendaki yang rencananya akan bermalam di selter tiga ini agar senantiasa menjaga norma-norma agama dan kearifan lokal, Kita ingin wisata kita, wisata yang Islami dan syar’iah untuk itu kami berharap kepada seluruh pendaki terutama kepada gaet pendamping untuk selalu menjaga norma-norma dan kearifan lokal.

Plt. Bupati Bener Meriah mempromosikan berbagai objek wisata lainnya yang ada di Bener Meriah, seperti Air Terjun Peteri Pintu di kawasan Kampung Bale Kecamatan Bukit, Air Terjun Reje Ilang di Kampung Meriah Jaya Kecamatan Gajah Putih dan wisata adu nyali Arung Jeram di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Peusangan kawasan kecamatan Gajah Putih dan Pintu Rime Gayo, salah satunya yang ada di Kampung Simpang Rahmat Kecamatan Gajah Putih.

Dari objek wisata Burni Telong rombongan kemudian bergerak menuju objek wisata Air Terjun Reje Ilang dan lokasi ini, Plt. Bupati dan rombongan bertemu dengan komunitas bersepeda dari kalangan Civitas Akademika Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh yang sedang menjelajahi Bener Meriah dengan menggunakan sepeda.

Komunitas bersepeda yang beranggotakan para dosen dan ASN dijajaran Unsyiah ini, kepada Plt. Bupati Bener Meriah begitu puas dengan perjalanannya terlebih lebih setelah melihat keindahan dan eksotisme Air Terjun Reje Ilang sambil menikmati nikmati durian yang saat ini sedang panen.

Ba’da Dzuhur, masih dengan mengenderai motor trail Plt. Bupati dan rombongan melanjutkan jelajahnya ke rumah Muhammad Amin RG Aman Sengeda (72) warga Dusun Transat Kampung Arul Gading yang rumahnya terbakar akibat dirusak kawanan Gajah liar dan terjadi arus pendek dari jaringan instslasi listrik yang mengakibatkan rumah tersebut ludes terbakar beserta seluruh isinya.

Menurut Amin yang didampingi Kepala Dusun Transat Saiful Bahri, beruntung pada saat kejadian beliau bersama keluarganya pada malam kejadian tidak berada di rumahnya itu. Kami saat malam itu tidak ada di rumah dan tidur rumah saudara di Alur Gading, karena khawatir akan amukan gajah yang memang hampir setiap malam mondar-mandir dan merusak tanaman warga, akibatnya seluruh isi rumah hangus terbakar dan hanya tinggal yang melekat dibadan.

Menurut laki-laki yang sudah berusia lanjut ini, beliau tinggal berdua dengan isterinya di tempat ini, sementara anak-anaknya sudah berkeluarga dan hidup mandiri, disinggung tentang kesehariannya menurut Kadus Saiful Bahri menyebutkan Amin disamping merawat tanaman kopinya yang masih berhasil banyak karena masih berumur setahunan itu hanya mengandalkan dari tanaman tumpang sari di kebun miliknya berupa cabe dan sayur-sayuran yang dijualnya ke pasar Arul Gading dan Singah Mulo dengan gerobak dorong.

Kepada Plt. Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, Amin bercerita bahwa berbagai bantuan tanggap darurat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan bantuan masa panik dari Dinas Sosial Kabupaten Bener Meriah sudah diterimanya sesaat setelah kejadian itu, namun yang sangat mendesak yang saya butuhkan adalah gerek dorong dan semprot,Kalau tak ada semprot, maka tanaman sayur-sayuran saya dimakan hama, keluh Amin.

Menyikapi keluhan itu, Plt. Bupati Abuya Sarkawi secara spontan menyerahan bantuan untuk pembelian gerek dorong dan semprot serta kebutuhan pupuk dan pestisida lainnya sesuai kebutuhan kepada Amin yang diterimannya penuh suka cita yang tergambar dari raut wajahnya yang telah keriput termakan usia.

Menyangkut dengan bantuan lainnya, Plt. Bupati Tgk. H. Sarkawi berjanji akan mempelajari lebih jauh, bantuan apa dan sumber mana yang dapat di alokasikan sesuai aturan bila ada dan memungkinkankan, termasuk mengkoordinasikannya dengan Baitul Mal Kabupaten Bener Meriah, karena Amin sendiri bersama isterinya sudah tergolong usia lanjut dan kurang mampu dari segi ekonomi.

Blusukan berlanjut ke Kampung Pancar Jelobok dan Pantan Sinaku Kecamatan Pintu Rime Gayo, Untuk kesempatan yang tidak terencana ini saya hadir disini dan setelah kita lihat di lapangan ternyata laporan yang disampaikan kepada saya itu, baik langsung maupun tidak langsung itu memang benar adanya, Untuk tindaklanjutnya saya akan berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait. (Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.