Menteri Sofyan Jalil Buka Pacuan Kuda di Bener Meriah

By on Monday, 7 January 2019

Menteri Agraria Sofyan Djalil di dampingi Plt. Bupati Bener Meriah Abuya Syarqawi saat diwawancari awak media di Lapangan Sengeda Bener Meriah 07/01/18

Redelong| lintasgayo.com – Menteri Agraria RI membuka acara Pacuan Kuda pada puncak Kegiatan Pelaksanaan Upacara Memperingati Hari Ulang tahun Kabupaten Bener Meriah yang ke-15, yang dilaksanakan di lapangan Sengeda 07/01/2019.

Dalam kegiatan yang bertemakan ” Bersatu Menuju Bener Meriah Islami, Harmoni Maju dan Sejahtera.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang RI Sofian Djalil, SH, MA, M.ALD dan yang bertindak selaku Komandan Upacara adalah Camat Gajah Putih An. Khairmansyah, S.STP, dan Perwira Upacara Camat Timang Gajah, Ilham Abdi, S.STP, di Lapangan Pacuan Kuda Sengeda, kampung Karang Rejo, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah,

Dalam sesi upacara terlebih dahulu Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an dilanjutkan Sholawat Badar, Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta Upacara serta Mengheningkan Cipta mengenang para pendiri kabupaten Bener Meriah, Pembacaan Pancasila,Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Menurut pantauan media lintasgayo.com, Amanat dari Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Sofyan Djalil, SH, MA, M.ALD, mengatakan atas nama pribadi dan Pemerintahan Republik Indonasia megucapkan selamat dan rasa syukur terhadap ” Hari Jadi Kabupaten Bener Meriah yang ke 15 semoga Kabupaten Bener Meriah akan berkembang dan menggapai suatu negeri yang Islami, Harmoni Maju dan Sejahtera serta sejajar dengan daerah daerah lain yang ada di Nusantara.

Dalam usia yang masih relative muda sudah banyak prestasi yang patut kita apresiasi seperti Perluasan Bandara Rembele sebagai modal transportasi udara utama bagi masyarakat Gayo, Perbaikan tribun pacu kuda sehingga semakin nyaman digunakan oleh pengunjung, Peningkatan pembangunan rumah sakit Munyang Kute, terutama di segi kelengkapan alat-alat kesehatan agar warga Bener Meriah yang sakit tidak perlu lagi berobat keluar daerah.

Peningkatan jalan-jalan utama dari Simpang Teritit hingga daerah- daerah perbatasan di Kabupaten Bener Meriah, Pengadaan aliran listrik bagi di Kecamatan Mesidah dan kecamatan daerah-daerah terpencil Syiah Utama serta Pembagian bantuan program kartu petani mulia kepada para petani

Kemudian Bener Meriah memiliki bukti sejarah yang amat penting bagi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Radio Rimba Raya, Radio Rimba Raya berperan sangat besar menangkal hoax Penjajah Belanda yang telah menguasai lbu Kota Pemerintahan Indonesia dan mengumumkan lewat Radio Hivorsum kepada dunia, bahwa Negara Indonesia tidak ada lagi. Tapi dengan suara yang sayup lantang dari dataran tinggi tanah Gayo, Radio Rimba Raya membatalkan berita tersebut dan mengatakan bahwa Indonesia masih ada.

Semua ini perlu diapresiasi lebih baik lagi oleh Pemerintah Republik Indonesia bahwa Radio Rimba Raya perlu mendapat legitimasi yang lebih tinggi misal dengan membangun monumen yang lebih layak agar koberadaannya diakui secara konstitusional melalui Keputusan Presiden, Perlu kami sampaikan bahwa saat ini Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agraria dan tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional dipandang perlu mempercepat.

Presiden Repubik Indonesia Bapak Jokowi paling lambat pada Tahun 2025 seluruh tanah yang ada di Republik Indonesia sudah terdaftar, Pada Tahun 2017 target yang diberikan adalah 5 juta bidang dan Alhamdulilah kami dapat menyelesaikan target 5,4 juta bidang, pada Tahun 2018 target yang diberikan adalah 7 juta bidang dan Alhamduillah kami dapat menyelesaikan 9,3 juta bidang dan pada Tahun 2019 ditargetkan 9 juta bidang tanah akan terdaftar.

Target Provinsi Aceh Tahun 2018 adalah 75.000 bidang dan Alhamdulilah seluruh Aceh pada Tahun 2018 terpeto sejumlah 96.921 bidang dan yang memenuhi syarat menjadí sertifikat, sebanyak 59.217 bidang sebanyak 37.704 bidang masuk kategori Kluster 2, 3 dan 4.

Sedangkan di Kabupaten Bener Meriah target yang diberikan sebanyak 2055 bidang dan terpetakan seluruh Kabupaten Bener Meriah sebanyak 2455 bidang dan yang memenuhi syarat terbit sertipikat sebanyak 1 bidang, sebanyak 771 bidang dalam bentuk kluster 23 dan 4 yaitu administrasi belum lengkap pendaftaran tanah seluruh Indonesia, target yang diberikan dan perbaikan data.

Pada kesempatan ini akan kami serahkan 500 sertifikat masyarakat penerima di Kabupaten Bener Meriah semoga dapat bermain meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menjadi bukti hektar batas tanah sehingga mengurangi konflik dalam bidang pertanahan, di awal 2019 ini, kami ingin mengajak segenap komponen untuk terus bangkit dan bekerja lebih giat lagi dengan meningkatkan partisipasi pemerintah.

Kemudian kepada segenap Aparatur Sipil Negara, kiranya dapat bersinergi serta menjadi tujuan kita sehingga secara bersama-sama menjadikan daerah ini negeri rakyat sejahtera, senang dan bahagia, Kepada para Reje kampung beserta jajaran untuk terus mengabdikan diri kepada masyarakat, sehingga rakyat dapat terayomi dan semoga apa yang kita lakukan mendapakan pahala yang berlipat ganda dari yang maha kuasa.

Penyerahan sertifikat tanah oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Pertanahan Nasional RI, Sofyan Djalil, SH, MA, M.ALD kepada masyarakat secara simbolis sebanyak 10 buah sertifikat, dari -+ 1.600 buah sertifikat, untuk tahun 2018 dan yang telah disalurkan kepada Masyarakat sebanyak 500 buah sertifikat, Pembukaan secara resmi pacuan kuda oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Pertanahan Nasional RI a.n. Sofian Djalil, SH, MA, M.ALD, dalam rangka HUT ke-15 kabuapaten Bener Meriah tahun 2019

Kemudian Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, menjelaskan Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi Kabupaten Bener Meriah karena genap berusia 15 tahun, setiap tahunnya pasti kita peringati sebagai tanda kita tetap setia dan bersyukur atas rahmat Allah yang maha kuasa, bahwa Kabupaten Bener Meriah dapat berdiri sendiri, mengepakkan sayap untuk bisa terbang tinggi dan berlari cepat untuk dapat menggapai tujuan yaitu negeri yang islami, harmoni, maju dan sejahtera.

Oleh sebab itu, pada upacara yang istimewa ini, izinkan kami menyampaikan ucapan terima kasih terutama kepada para pejuang pembentukan Kabupaten Bener Meriah. Perjuangan tersebut tentu dimaknai oleh tetesan keringat, kerja keras tanpa kenal lelah demi terwujudnya kabupaten tercinta ini, kemudian terima kasih kita sampaikan pula kepada pemimpin-pemimpin yang pernah berjasa menakhodai Kabupaten Bener Meriah ini.

Yang diawali oleh bapak Husri Bahri top, sebagai pemimpin yang bertangan dingin meletakkan dasar- dasar pemerintahan, dilanjutkan oleh bapak M.Saat Isra yang bijaksana menata ruang penempatan lokasi perkantoran yang sekarang kita duduki, berikutnya bapak Ruslan Abdul Gani sebagai pejabat bupati yang menyegerakan menempati kantor baru di Serule Kayu, padahal keadaan waktu itu masih serba kekurangan.

Selanjutnya hasil pilihan langsung rakyat daerah ini, dipercayakan kepada Ir. Tagore Abubakar bersama wakilnya Sirwandi Laut Tawar, selama 5 tahun, tentunya telah meninggalkan banyak kenangan terutama membangun dan infrastruktur lainnya, tidak lupa pula terima kasih kami kepada Drs. T. Islah MM, yang telah menciptakan suasana sejuk dalam kepemimpinanya

Hasil pilihan Rakyat selanjutnya, adalah jatuh kepada kepemimpinan bapak Ir. Ruslan Abdul Gani kelengkapan perkantoran menjelang estafet beserta Drs.Rusli M. Saleh yang telah melanjutkan pembangunan di Bener Meriah, tak lupa terimakasih juga kepada bapak Drs. Hasanuddin Darjo yang telah dipercaya memegang tampuk kepemimpinan sebelum pilkada.

Sekarang adalah giliran kita sebagai pengemban amanat rakyat beserta seluruh komponen masyarakat di daerah ini, Karena itu sebagai momentum hari jadi ke-15 Kabupaten Bener Meriah, kiranya akan semakin memantapkan dan meningkatkan serta memperkokoh tekad semangat juang untuk membangun Kabupaten Bener Meriah dengan harapan dapat lebih maju dan sejajar dengan daerah-daerah lain yang ada di Nusantara.

Telah banyak usaha yang telah dilakukan dalam mewujudkan kabupaten bener meriah menjadi lebih maju, Mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari kementerian keuangan atas keberhasilan menyusun laporan keuangan tahun 2017 dengan capaian standar tertinggi di antaranya Perluasan Bandara Rembele sebagai modal transportasi udara utama bagi masyarakat Gayo, Perbaikan tribun pacuan kuda sehingga semakin nyaman digunakan oleh pengunjung.

Peningkatan pembangunan rumah sakit munyang kute, terutama di segi kelengkapan alat-alat kesehatan agar warga bener meriah yang sakit tidak perlulagi berobat keluar daerah, Peningkatan jalan-jalan utama dari simpang teritit hingga daerah- daerah perbatasan di Kabupaten Bener Meriah, Pengadaan aliran listrik bagi di kecamatan mesidah dan kecamatan daerah-daerah terpencil Syiah Utama, Pembagian bantuan program kartu petani mulia kepada para petani.

Upacara dan pembukaan pacuan kuda tradisional dalam rangka HUT Kabupaten Bener Meriah, oleh Bupati Tgk. H. Sarkawi, Wakil Bupati Aceh Tengah Firdaus, S.KM, Sekda Drs. Ismarisiska, MM, Sekda Aceh Tengah Karimansyah, SE, MM, Ketua DPRK Bener Meriah Guntarayadi, SP dan anggota, Dandim 0106/Ateng An. Letkol Inf Hendry Widodo, Kapolres Bener Meriah AKBP Fahmi Irwan Ramli, SH.S.I.K, M.H, Kajari Rahmat Azhar, SH.MH, Ketua DPRK Aceh Tengah Ansyarudin Naldin,Danyonif 114/SM An. Letkol Inf.Valyan Tatyunis.

Sementara dari propinsi aceh Mulyana Dedi Saputra Adc Menteri ATR/Ka BPN, M. romli Walpri Menteri ATR/Ka BPN, Yulia Jaya Nirmawati Kabiro TUPP, Saiful SP, MH Kakanwil BPN Aceh, M. Taufik, S.Si, MM Kanwil BPN Aceh, Deni Ardiansyah, ST Kanwil BPN Aceh, Mahdi, A. Ptnh, MH Kanwil BPN Aceh.

Turut dimeriahkan oleh peserta upacara Anggota dari TNI, Polri, Satpol PP/WH, Damkar, Karang Taruna, Basarnas Kab. Bener Meriah, Penyuluh Pertanian Kab. Bener Meriah, Aparatur Sipil Negara (ASN), gabungan pelajar SD, SMP, SMA beserta masyarakat Sekabupaten Bener Meriah.(Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.