Kampung “Unik” Di Gayo Adakan Pemilihan Reje  

By on Saturday, 5 January 2019

Takengen | Lintasgayo.com- Kemili merupakan kampung unik di Gayo Lut. Wilayah Bebesen ini ternyata memiliki dusun Perulangan, ber KTP Kemili, namun berdomisili di Kawasan Gunung Lancuk Leweng, Asir Asir, Kecamatan Lut tawar. Mengapa warga Perulangan (Kawasan Lancuk Leweng), berinduk ke Kemili?

Kini kampung unik itu akan menyelanggarakan pemilihan reje. Panitia pemilihan reje membuka pendafataran calon reje untuk berkompetisi memimpin perkampungan tua di wilayah Bebesen ini.

“Pendaftaran dimulai sejak 5 sampai 18 Januari 2019. Persyaratan pendaftaran sama seperti pemilihan reje yang berlaku di Aceh Tengah. Untuk lebih jelasnya, silakan datang ke Kantor Kepala desa,” sebut  Mualimin, ketua panitia pemilihan reje, Sabtu ( 5/1/2018).

Kampung Kemili, merupakan kampung penuh dinimika, penduduk di sana yang berhak memilih diperkirakan mencapai 2000. Angka ini berkemungkinan ada penambahan, sehubungan dengan bertambahnya usia sebagian masyarakat di sana.

“Walau jumlah pemilih diperkirakan lebih dari 2000, belum tentu semuanya hadir saat dilangsungkan pemilihan,” sebut Ismail Muammar, menambahkan keterangan ketua panitia.

Kemili, untuk saat ini memiliki 8 dusun. Luas wilayah perkampungan yang strategis di pusat kota Takengon ini, membuat Kemili bukan hanya menjadi perkampungan yang hidup, dinamis, bukan hanya persoalan ekonomi, namun perkembangan adat dan sosial di sana relatif baik.

Kampung tua ini dibagian sebelah timur berbatasan dengan Kala Kemili dan Keramat Mupakat, yang juga dimekarkan dari Kampung Kemili.  Bagian utara berbatasan dengan perkampungan Nunang Antara dan Simpang 4 Bebesen. Bagian baratnya perkampungan Lemah dan Blang Kolak 1.

Selatan berbatasan dengan Blang Bolak 1. Di kampung Kemili , selain ada Panti Asuhan Budi Luhur, Bank Aceh, Terminal lama, perkantoran pemerintah (Dispora)  dengan umah Pitu Ruang, serta pusat pasar Jalan Lintang.

“Banyak potensi yang menjanjikan Kemili menjadi kampung penuh dinimika, berkembang dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi, bila dikelola dengan baik. Tentunya pengharapan kami, reje ke depanya, akan mampu mengelola berbagai potensi yang ada,” sebut Maulimin.

Kemili juga disebut kampung unik. Penduduk di sana bukan hanya bermukim di seputar wilayah Kemili. Namun seberang sungai pesangan , dengan melangkahi 4 kampung lainnya di Kecamatan Bebesen dan Lut Tawar.

Perkampungan Perulangan di kawasan Lancuk Leweng, masih masuk dalam wilayah hukum Kemili. 4 desa yang dilintasinya Blang Kolak 1, Kuteni reje, Merah Mersa, Takengon Barat dan Asir Asir, baru di ujung Asir Asir menuju Lancuk Leweng bermukim warga Kemili dengan Dusun Bur Perulangan.

Mengapa bisa melintasi beberapa kampung, namun tetap menjadi penduduk Kemili? “ warga di sana berasal dari Kemili pada awalnya. Mereka mengingat sejarah itu, dan sampai saat ini mereka masih warga Kemili dengan semua administrasinya,” kata Ismail Muammar.

Mengingat potensi Kampung Kemili sangat unik dan menyimpan “harta karun” yang siap diolah , panitia berharap agar pemilihan Reje Kampung Kemili  diikuti oleh mereka yang ingin membangun kampung.

“Insya Allah pelaksanaan pemilihan akan dilakukan pada 9 Februari 2019.  Semoga agenda pemilihan Kampung Kemili berjalan dengan mulus, demi terpilihnya reje yang baru. Pemilihan ini dilaksanakan karena reje sebelumnya sudah habis masa jabatanya,” sebut Mualim. (LG 03)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.