Pendidikan Itu Penting, Ekonomi Lemah Bukan Alasan

By on Tuesday, 25 December 2018

Oleh : Rifki Adrian

_Pendidikan itu penting agar kita tidak di bodoh-bodohi orang asing_

Pendidikan adalah hak semua orang untuk mendapatkannya dalam undang undang dasar 1945 pasal 28c ayat 1 sudah di jelaskan bahwa seetiap orang berhak mengembangkan dirinya melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kulitas hidupnya dan demi kesejateraan umat manusia. Apa yang di terapkan dalam pasal 28c sudah mencakup seberarapa penting pendidikan itu untuk keberlangsungan hidup.

Mohamad Ali dalam bukunya yang berjudul Pendidikan untuk Pembangunan Nasional Hal. 12 bahwa pendidikan adalah salah satu jalur untuk mengembangkan sumberdaya manusia menjadi lebih baik lagi. Tampa pendidikan daya berfikir dan ilmu masyarakat sangatlah terbatas dan sehingga menghabat pertumbuhan negara.

Terciptanya pendidikan yang baik dan menghasilkan generasi-generasi akademis yang intelektual juga salah satu cita-cita besar negara indonesia yang tercantum dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 alinia ke 4 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan melalui pendidikan maka apa yang di cita-citakan bangsa yang kita cintai ini terwujud dengan sempurna.

Tampa pendidikan maka suatu negara tidak akan bisa memperoleh kemerdekaan seutuhnya. Saat ini yang terjadi di negara Indonesia masih banyak anak bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan nya sampai ke perguruan tinggi terhambat oleh ekonomi keluarga yang tidak setabil sehingga menyebabkan harus dengan terpaksa menghentikan kengininannya untuk melanjutkan pendidikan. Ini tidak bisa di biarkan begitu saja karna telah mencederai cita-cita bangsa Indonesia.

Apa yang kita rasakan pada saat ini juga menjadi keresahan masyarakat di karnakan biaya pendidikan yang sangat melangit dan kurangnya peran pemerintah dalam pemberdayaan masayarakat minoritas.

Hal ini tidak bisa di biarkan begitu saja anak-anak muda saat ini adalah mereka yang akan membawa ke mana negara ini akan pergi nanti nya. Apabila saat ini banyak anak-anak bangsa tidak bisa melangsungkan pendidikannya maka bangsa ini akan mengalami keterlambatan dalam menciptakan generasi-genrasi penerus bangsa yang berintelktual.

Saat ini peran pemerintah sangatlah penting untuk merangkul anak-anak muda yang memiliki jiwa serta keinganan tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Agar apa yang di cita citakan oleh bangsa indonesia ini terlaksana dengan semestinya. Dan pemerintah wajib memberikan inovatif baru agar masyarakat yang keterbatasan ekonomi nya dalam keluarga masih bisa menyekolahkan anak-anaknya sampai perguruan tinggi. Agar keterbatasan ekonomi tidak lagi menjadi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan.

—–
Penulis adalah Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara Jurusan Hukum dan SEKJEN HIMABEM-SU 2018-2019.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.