Di depan Ruhama, Aksi Bela Palestina Bakar Simbol Amerika dan Israel

By on Saturday, 16 December 2017

Takengen | Lintasgayo.com –  bertepatan dengan hari mulia Ummat Islam, jumat (15/12/2017) KNRP (Komite Nasional untuk Rakyat Palestina) menggelar longmarch.  Aksi “Bela Al-Aqsa, Al-Quds Ibu Kota Palestina” merupakan respon masyarakat Aceh Tengah terhadap keputusan Presiden Amerika Serikat, yang menetapkan dengan semena-mena Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Aksi Longmarch KNRP Aceh Tengah

KNRP Aceh Tengah sebagai pelopor aksi mengajak Ormas-ormas dan Instansi Aceh Tengah untuk bersama-sama menyalurkan aspirasi dalam bentuk aksi dan donasi.

Ormas-ormas dan Instansi Aceh Tengah yang ikut terlibat diantaranya: HMI, BaRa, KAMMI, Ikadi Aceh Tengah, Salimah, LDK Simahtuah, As-Salam, PMII, GMNI, PII, Dema STAIN Gajah Putih, JSIT Aceh Tengah, SMP IT Az Zahra, SD IT Cendikia, SMP N 4 Takengon dan SD IT Al-Manar Aceh Tengah, Bener Meriah.

Peserta Aksi Longmarch, termasuk anak – anak dan para pemuda

Aksi ini dihadiri sekitar 400 orang, yang terlaksana atas izin dan pengawalan Polres Aceh Tengah. Massa berkumpul di samping Pendopo Bupati Aceh Tengah dengan membawa bendera Indonesia dan Palestina sebagai atribut aksi. Dari samping pendopo seluruh massa bertolak ke Simpang 5 Takengon yang dibuka dengan kata sambutan Koordinator Tim Mubaligh KNRP Aceh Tengah Bapak Al-Zikri fakhrurrazi, dilanjutkan dengan penyampaian orasi dari ormas-ormas secara bergantian. Koordinator Aksi sendiri dipimpin oleh Bapak Pulih Miko Si Mutuah.

Orasi diselingi dengan pembacaan puisi oleh seniman takengon Juliana Ibrahim, Sawfa Yardha dari SMP IT Az Zahra, Mirza dan Al-fath dari SD IT Cedikia. Aksi dilanjutkan dengan pawai dengan rute Pasar Inpres, Wariji, dan Masjid Raya Ruhama Aceh Tengah.

Selama perjalanan pawai, KNRP Aceh Tengah mengerahkan tim sunduq untuk megumpulkasn donasi dari massa aksi dan masyarakat sekitar.

Didepan Masjid Raya Ruhama, aksi berlanjut dengan pembakaran bendera Amerika dan Israel sebagai simbolis kemarahan masyarakat Aceh Tengah.
Aksi ini direspon positif oleh masyarakat Takengon, terbukti dengan jumlah massa yang melebihi target dan jumlah donasi yang terkumpul sebanyak Rp 19.521.500,-. Selanjutnya dana akan diserahkan ke KNRP Pusat untuk disalurkan kepada saudara-saudara kita tercinta di Palestina.( LG 008/rel)

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.