Ini Yang Perlu Dilakukan Agar Ikan Asli Danau Lut Tawar Tetap Lestari

By on Thursday, 14 December 2017

Takengen | lintasgayo.com –  Ikan Asli Danau Lut Tawar seperti Depik, Pedih, Peres dan Kawan harus terus dilestarikan. Setidaknya menurut Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin ada dua cara agar ikan asli tersebut dapat tetap terjaga populasinya.

“Pertama, kita harus menjaga yang ada, caranya dengan mengatur alat tangkap dan membatasi area penangkapan ikan terutama di wilayah ikan bertelur, ini sudah ada qanunnya,” ujar Nasaruddin disela kegiatan Pemacuan Stock Ikan (Restocking) sebanyak 8.250 bibit ikan Pedih dan 2.000 bibit ikan Peres, Rabu (13/12) di Kampung Kelitu Kecamatan Bintang.

Cara kedua menurut Nasaruddin, dengan memasukan dari luar seperti Restocking dan ini bisa terus dilakukan berkesinambungan seiring dengan kemampuan Balai Benih Ikan setempat yang sudah bisa memperbanyak bibit ikan asli Danau Lut Tawar.

Selian itu, Nasaruddin juga memandang perlu dilakukan Restocking di beberapa aliran sungai yang juga merupakan tempat habitat ikan asli tersebut.

“Jika alat tangkap yang digunakan sesuai aturan dan restocking juga dilakukan secara berkesinambungan, maka kelestarian ikan asli danau bisa dapat terus dipertahankan,” katanya.

Nasaruddin turun langsung menebar sejumlah bibit ikan diikuti Kadis Perikanan Sabilul Rasyid dan beberapa pejabat daerah yang turut serta, tampak Kadisparpora Abadi, Kadis Sosial Fakhruddin, Kasatpol PP Syarial Afri, serta para Camat disekitar Danau Lut Tawar. (MK/LG010)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.