Membentuk Generasi Cerdas Dan Berkarekter

By on Thursday, 30 November 2017

Awalnya saya terkejut ketika beberapa bulan yang lalu melihat unggahan video yang begitu viral tentang generasi kita terkhusus di Aceh Tengah dan Bener Meriah, sungguh disayangkan, kita tidak bisa menyalahkan pihak sekolah maupun pola asuh orang tua terhadap anak, menurut saya pihak sekolah sudah melakukan perannya dengan baik, dengan memberikan pendidikan kepada peserta didik begitu juga peran orang tua dalam memberikan dukungan akan hal itu, nyatanya setelah melihat generasi kita yang sedang viral sekarang terkait sikap yang tidak patut dicontoh. Banyak yang menyalahkan pendidikan di sekolah maupun menyalahkan pola asuh di dalam keluarga.

Perlu kita sadari bersama Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang, termasuk di sekolah harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan. Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan karakter cerdas peserta didik sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun, dan berinteraksi dengan masyarakat.

Menurut saya ini adalah tugas kita bersama tanpa menyalahkan pendidikan dan menggap pola asuh dalam keluarga kurang baik, generasi kita butuh bimbingan dari semua kalangan masayarakat dan perhatian khusus dari pemerintah.

Pendidikan karakter tidak sekedar membentuk anak-anak muda menjadi pribadi yang cerdas dan baik, melainkan juga membentuk mereka menjadi pelaku baik bagi perubahan dalam hidupnya sendiri. Pendidikan Karakter merupakan pemberian pandangan mengenai berbagai jenis nilai hidup, seperti kejujuran, kecerdasan, kepedulian dan lain-lainnya. Dan itu adalah pilihan dari masing-masing individu yang perlu dikembangkan dan perlu di bina,sejak usia dini (idealnya), terlebih mereka merupakan aset bangsa. Karakter tidak bisa diwariskan, karakter tidak bisa dibeli dan karakter tidak bisa ditukar, tapi karakter bisa kita bentuk.

Saya berterimakasih pada Ibu Ilma sarni, S.Pd., Kons. Salah satu guru di SMA N 1 PEMATA yang telah memberikan kesempatan untuk mengadakan kuliah umum dengan mengangkat tema “membentuk generasi cerdas dan berkarakter”, ini bertujuan agar siswa/i sadar betapa pentingnya pendidikan sehingga generasi kita dapat cerdas dan berkarakter seperti yang kita harapkan, pada Hari Rabu, 29-11-2017 kemarin, dan dihadiri oleh seluruh siswa/i kelas 1 2 dan 3.

Saya siap dipanggil untuk memberikan kuliah umum di sekolah-sekolah dan instansi-instansi dengan gratis, tanpa biaya insyaAllah saya akan hadir, dengan tujuan memberikan pemahaman dan pembentukan generasi cerdas dan berkarakter.

Karena kalau bukan kita siapa lagi?, dan saya mengajak teman-teman dengan bidang keahlian masing-masing ikut serta dalam menggerakkan/mensosialisasikan dengan memberikan contoh yang baik sekaligus menjadi model yang akan ditiru oleh adik-adik kita karena pentingnya menumbuhkan pendidikan karakter cerdas bagi generasi penerus banggsa.

Oleh : Husrin Konadi, M.Pd., Kons.

Penulis : Alumni Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *