Panwaslu Bener Meriah Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

By on Wednesday, 15 November 2017

Redelong | Lintas Gayo – Guna menyukseskan pengawasan Pemilu DPR-RI, DPD, DPRA, DPRK dan Pemilihan Presiden dan Wakil presiden 2019 mendatang, Panwaslu Bener Meriah gelar acara sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatif tahun 2017, yang diikuti oleh berbagai unsur dan elemen masyarakat di daerah tersebut, Rabu (15/11).

Sosialisasi yang diadakan di Aula Mess Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi KLK Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, selama satu hari penuh itu dibuka oleh Ketua Panwaslu Bener Meriah, Yusrin, SPdi, sedangkan pemateri disampaikan oleh Khairul Akhyar, SE ( mantan Panwaslu Bener Meriah), Kapolres Bener Meriah di wakili oleh Kanit Politik Polres Bripka, Fatwa Yus Harianto, dan anggota Panwaslu Kabupaten tersebut.

Yusrin, SPdi dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan Pemilihan umum secara demokratis tidak terlepas dari pengawasan yang baik dan berkualitas, sehingga melahirkan pemilu sesuai dengan azas dan demokratis, tuturnya.

Ditambahkannya, bahwa seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dewasa ini, maka pengawasan pemilu juga dituntut selain memiliki sumber daya manusia serta dukungan peralatan diharapkan keterlibatan segenap unsur masyarakat sangat diharapkan.

Karenanya, sebut Yusrin hari ini kita sengaja mengundang teman-teman, baik Mahasiswa, LSM Kawan – Kawan Media, untuk memberikan masukan dan saran agar pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2019, dapat berlangsung tertib dan lancar disertai dengan pengawasan yang baik, sehingga melahirkan pemilu yang berkualitas dan demokratis, terang Yusrin.

” Saya berharap, dalam pertemuan ini nantinya terlahir sebuah komitmen yang kuat untuk melakukan upaya pengawasan terhadap tahapan pelaksanaan pemilu, yang tidak lama lagi akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia dan tentunya juga di daerah kita, masukan, Keritik dan saran dari peserta sosialisasi sangat diharapkan guna mencapai pelaksanaan pengawasan pemilu yang berkualitas,” pinta Yusrin.

Dalam kesempatan itu, Yusrin juga menyatakan bahwa Daerah Bener Meriah merupakan sebuah daerah dalam kategori daerah rentan, terhadap konflik namun kekhawatiran tersebut sudah terjawab dengan keberhasilan pelaksanaan Pemilukada 2017 yang lalu, terangnya.

Sementara Kahirul Akhyar dalam materi yang disampaikan, bertajuk peranserta media dalam menyukseskan pemilu 2019, dimana disebutkannya, bahwa media memiliki peran penting dalam mensosialisasikan tujuan dan tahapan serta pelaksanaan pemilihan umum.

Sedangkan Kapolres Bener Meriah AKBP. Fahmi Irwan Ramli, SH.,SiK.,M.Si  diwakili Kanit Politik Bripka Fatwa Yus Harianto, menyampaikan materi terkait penegakan hukum dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum ( Pemilu), serta penanganannya yang terangkum dalam sebuah wadah Gakumdu.

Sebelumnya Sekretaris Panwaslu Bener Meriah Akmal S.Sos, dalam laporannya menyebutkan, Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif 2017 ini diikuti oleh KAHMI, Mahasiswa, LSM, KNPI, OKP, Ormas, dan rekan- rekan media, bertujuan membangun komunikasi dengan komponen strategis di daerah dalam keterlibatannya, dalam pengawasan pemilu dan diharapkan lebih proaktif sehingga pengawasan lebih berkualitas, pada gilirannya melahirkan Pemili yang berkualitas seperti harapan kita semua.(LA/LG010)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *