Aceh Tengah Peringati Hari Kesaktian Pancasila

By on Monday, 2 October 2017
Takengen | Lintas Gayo – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan melakukan kegiatan upacara di lapangan Setdakab, Senin (2/10).
Upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Kapolres Aceh Tengah AKBP Hairajadi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.
Selain teks Pancasila, Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 turut dibacakan oleh seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Purna Praja Rizka Ridha SSTP dan dilanjutkan dengan ikrar kesetiaan terhadap Pancasila yang dibacakan oleh Ketua DPRK Aceh Tengah Ansaruddin Syarifuddin Naldin, teks tersebut ditandatangani oleh Ketua DPR RI Setya Novanto.
Upacara diikuti sejumlah siswa pelajar, TNI/Polri, ASN dan organisasj masyarakat. Sementara di pondium terlihat sejumlah pejabat daerah seperti Wabup Khairul Asmara, Sekda Karimansyah, asisten dan staf ahli bupati, anggota DPRK Aceh Tengah dan kepala SKPK.
Kapolres Hairajadi mengatakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum untuk melihat kembali perjalanan sejarah negara Indonesia, dan memiliki makna penting untuk menjadikan Pancasila sebagai perilaku hidup dalam berbangsa dan bernegara.
“Hari Kesaktian Pancasila jangan hanya dimaknai seremonial belaka, yang lebih penting dari itu semua adalah menjadikan Pancasila perilaku sehari hari dalam berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,” ujarnya.
Dikesempatan itu Wabup Khairul Asmara mengajak masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Menurutnya, nilai yang terkandung dalam Pancasila sudah sangat lengkap, mulai dari ketuhanan hingga keadilan. Nilai-nilai tersebut seharusnya bisa menginspirasi setiap individu untuk lebih menghormati orang lain, memperkuat persatuan dan menatap tantangan era globalisasi.
“Bila kita cermati, isi yang terkandung dalam Pancasila itu sangat lengkap. Kita percaya pada Tuhan, menghormati orang lain, persatuan, hingga keadilan. Sila-sila Pancasila ini tidak ada di negara lain,” tutur Khairul. (Mika/LG01/)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *