Penemu “Dokumen “ Gayo

By on Friday, 15 September 2017

Anda Ingin melihat dokumen Gayo masa lalu? Silakan buka FB teman saya ini. Dilayar FB manusia energik dan ihklas ini, Anda akan menemukan sejumlah foto sejarah Gayo masa lalu, yang selama ini tidak terkuak kepermukaan.

Dia meluangkan waktu dan energinya untuk mendapatkan foto foto Gayo “tempo doeloe”. Perjuangan panjangnya membuahkan hasil.

Uban dikepala menandakan kami sudah tua. Gumis dan jenggot juga memberikan aba aba. Namun ciri khas kami masih tetap sama. Menikmati kopi berkualitas dunia, sambil mengepulkan asap rokok ke udara.
Kegigihan sahabat saya ini, saya angkat “topi”. Dia berjuang dengan kemampuan yang dimilikinya untuk mengungkapkan sejarah Gayo Tempo Doeloe. Waktu yang dituangnya di dunia maya terbilang lama, untuk mendapatkan dokumen Gayo di masa lalu.

Foto foto lama yang selama ini tidak pernah dilihat, dari tangannya yang talenta, ahirnya muncul kepermukaan. Foto foto lama tentang Gayo, satu persatu didapatnya dan dijadikan statusnya di FB. Semuanya boleh mencopi foto dokumen sejarah yang didapatnya.

“Alhamdulilah satu persatu foto sejarah Gayo masa lalu berhasil didapat. Semoga menambah khazanah perbendaharaan sejarah Gayo. Foto itu saya simpan di FB, agar semua pihak yang membutuhkanya dapat mempergunakanya,” sebut PNS di Takengen ini.
Sesekali ditenguknya kopi ekspreso WRB Coffe, tempat kami duduk bercerita. Tanpa sengaja cerita kami juga terbang ke masa lalu. “Tuhan masih memberikan kesempatan kita hidup. Kalau ingat konflik dulu, rasanya peluang hidup kita tipis,” sebut Fikar.

“Saat kamu di lapangan meliput berita, bahkan sampai malam belum pulang di negeri konflik, kami berdoa untukmu. Agar kau pulang dengan selamat. Kami harap harap cemas menanti kepulanganmu,” kenang Fikar, yang ihklas berdoa untuk saya saat konflik.

Dalam konflik sahabat saya ini dekat dengan saya. Dia tahu karakter saya yang meliput di lapangan. Bahkan kami pernah menjadi tim work, saat menyukseskan PKA dalam konflik, menjelang pecahnya tsunami Aceh.

Sebagai seorang sahabat saya salut untuknya. Kegigihanya dalam mencari dokumen tentang Gayo, harus diacungkan jempol. Bekerja ihklas demi mengungkapkan sejarah. Semoga engkau diberikan kesehatan dan kelapangan oleh Allah, sahabatku. Selagi bernafas berkaryalah. Negeri ini membutuhkan manusia sepertimu. (FB : Bahtiar Gayo)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *