by

Gubernur Dukung Kejurnas Catur di Aceh

Banda Aceh | Lintas Gayo –  Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mendukung Provinsi Aceh sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur Ke-47 yang digelar 2018.
Ketua Pengurus Provisi (Pengprov)  Percasi Aceh Aldin Nl di Banda Aceh, Kamis (14/9), mengatakan, dukungan tersebut disampaikan Gubernur Aceh dalam surat resminya tertanggal 30 Agustus 2017.
“Kami mengapresiasi Gubernur mendukung Aceh sebagai tuan rumah Kejurnas Catur pada tahun 2018 mendatang. Dukungan tersebut bentuk penghargaan bagi kemajuan olahraga catur di Provinsi Aceh,” kata Aldin.
Selain Gubernur Aceh, kata dia, dukungan serupa juga disampaikan Ketua DPR Aceh Tgk H Muharuddin. Dukungan disampaikan dalam surat resminya tertanggal 25 Agustus 2018.
“Dalam suratnya, kedua pimpinan daerah Aceh tersebut mengajak semua pihak mendukung dan berpartisipasi menyukseskan Kejurnas Catur yang merupakan agenda nasional tersebut,” ungkap Aldin.
Sebelumnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh juga mendukung sepenuhnya Aceh sebagai tuan rumah Kejurnas Aceh ke 47 tahun 2018.
“Dukungan tersebut disampaikan langsung Ketua Harian KONI Aceh ketika menerima audiensi Pengprov Percasi Aceh bulan lalu,” sebut dia.
Pada saat itu, sebut dia, Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak, dukungan tersebut juga bagian kampanye Aceh menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.
“Sebagai daerah yang sedang berusaha menjadi tuan rumah PON, tentu Aceh perlu memperbanyak kejuaran berskala nasional. Di antaranya Kejurnas Catur 2018,” kata Aldin Nl mengutip pernyataan Abu Razak.
Aldin Nl mengatakan, banyak keuntungan yang didapat ketika menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2018. Di antaranya kampanye tuan rumah PON 2024 serta ikut mendukung Aceh sebagai destinasi pariwisata di Indonesia.
“Kejurnas tahun depan ini merupakan kejuaraan catur berskala nasional yang pertama di Aceh dalam rentang waktu 20 tahun terakhir,” kata Aldin Nl yang juga Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh.
Ia mengatakan, Aceh dipilih sebagai tuan rumah Kejurnas Catur 2018 pada musyawarah nasional yang berlangsung di Cipayung, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
“Kami mengajak semua pihak mendukung dan menyukseskan Kejurnas Catur 2018 di Aceh. Kejuaraan ini akan dihadiri 1.500 pecatur terbaik dari seluruh Indonesia,” kata Aldin Nl. (Rel/LG010)

Comments

comments