Seminar Asal Mulo Kerawang Gayo Digelar

By on Tuesday, 12 September 2017

Takengen | Lintas Gayo-  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Aceh Tengah menggelar seminar tentang asal mulanya Kerawang Gayo, motif khas Gayo yang kini sudah menjadi trend. Seminar tentang Kerawang Gayo ini direncanakan akan berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (12-13/9/2017).

Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan  Aceh Tengah, Nasaruddin, ketika diminta keteranganya membenarkan pihaknya akan menyelengarakan seminar tentang kerrawang Gayo. “Motif kerrawang Gayo yang memiliki makna dan filosofi yang mendalam, perlu diketahui generasi penerus,” sebutnya.

Nilai nilai persaudaraan, semangat, nilai relegius tercermin dari Kerawang Gayo. Motifnya khas dan memiliki makna. Namun saat sekarang ini sudah banyak yang memodifikasi, dengan tidak mempedomani makna yang terkandung di dalamnya, sehingga pesan moral dari nenek moyang Gayo melalui Kerawang maknanya mulai kabur,” kata Nas.

Emun beriring, tali puter, emun berangkat, serta motif khas lainya di dalam kerrawang memiliki nilai filosofi yang tinggi. Makna itu yang harus diwarisi generasi penerus. Makanya diadakan seminar tentang Kerawang Gayo, di sini juga akan dibahas asal muasal Kerawang Gayo, bukan hanya nilai nilai yang ada di dalamnya, sebut Kadis Pariwisata ini. (LG 03)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *