Mahasiswa Dibekali Wawasan Kebangsaan

By on Friday, 8 September 2017
Takengen | Lintas Gayo  – Ratusan Mahasiwa baru Universitas Gajah Putih (UGP) menerima materi Wawasan Kebangsaan (WASBANG) dari Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf  Didit Hari Prasetyo Putro S.I.P yang bertempat di aula kampus Kampung Kala Nareh, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Jum’at (08/09).Tema yang di usung dalam kegiatan tersebut adalah “Terbentuknya Mahasiswa Yang Intelektual Akademis Beretika Sadar Akan Peran dan Fungsinya”, dan sebelum acara dimulai peserta terlebih dahulu menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf  Didit Hari Prasetyo Putro S.I.P mengatakan, wawasan kebangsaan merupakan salah satu wahana membangun cinta tanah air. Karena wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia, tentang diri dan lingkungannya yang didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan Nasional.

Tujuan Wasbang ini adalah menumbuhkan dan menanamkan kembali rasa memiliki, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesatuan dan persatuan, serta bela negara dan dalam rangka mewujudkan tegak kokohnya NKRI, oleh sebab itu, harus terus dibangun dan di pupuk di benak dan sanubari warga Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ).

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di Dunia yang terdiri dari 17.499 pulau dari Sabang hingga Merauke, dengan luas total wilayah 7,81 juta km2 yang terdiri dari 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 lautan, dan 2,55 juta km2 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Peran dan fungsi Mahasiswa sebagai elemen utama generasi penerus bangsa tentunya merupakan kesatuan yang sangat penting untuk memajukan dan menjalankan kehidupan di masa mendatang.

Sebagai penutup dalam kegiatan ini adalah materi Pengamalan Pancasila, acara tambahan dilanjutkan dengan penampilan ketangkasan dan kekompakan Mahasiswa mengangkat bola volly dengan menggunakan tali yang sebelumnya telah di latih oleh anggota Kodim. (Rel/LG010)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *