Hardikda ke-58 Momentum Pendidikan Berkarakter Islami

By on Thursday, 7 September 2017
Takengen | Lintas Gayo  – Peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke-58 di Aceh Tengah di laksanakan dengan kegiatan upacara pengibaran bendera merah putih yang diikuti ratusan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, TNI/Polri serta para ASN di halaman Setdakab Aceh Tengah, Kamis (7/9).
“Peringatan hardikda Aceh yang kita rayakan setiap tahun bukan sekedar upacara belaka. Lebih dari itu, Hardikda menjadi momentum bagi kita untuk memperbaiki diri agar pendidikan di daerah kita semakin maju dan berkembang,” demikian disampaikan Bupati Aceh Tengah Nasaruddin ketika menjadi pembina upacara Hardikda di Aceh Tengah membacakan sambutan  tertulis Gubernur Aceh.
Melalui sambutan itu Nasaruddin menyampaikan Pemerintah Aceh telah menetapkan pendidikan sebagai salah satu prioritas di Aceh untuk lima tahun mendatang.
Setidaknya ada dua kegiatan utama pemerintah Aceh yang bersentuhan dengan pendidikan, yaitu Aceh carong dan Aceh meuadab.
Lebih lanjut dijelaskan Nasaruddin, Aceh carong menekankan kepada prestasi pendidikan Aceh di tingkat nasional dan regional melalui perbaikan fasilitas, kualitas guru, dan peningkatan sistem.
Sedangkan Aceh meuadab upaya mengembalikan khittah Aceh sebagai serambi mekkah melalui implementasi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
“Mari kita jadikan upacara ini sebagai langkah mendorong semangat kita untuk lebih bekerja keras sehingga keistimewaan Aceh di bidang pendidikan tidak hanya di atas kertas, tapi dapat kita buktikan secara kualitas,” kutip Nasaruddin.
Menurutnya momentum Hardikda menjadi langkah awal untuk berbenah guna menjalankan semua program prioritas pendidikan di Aceh.
“Dengan semangat memperingati Hardikda ke-58, hari ini kita canangkan gerakan membangun pendidikan berkarakter Isami di Aceh, sehingga akan melahirkan generasi yang mampu mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.
Upacara peringatan Hardikda Aceh ke-58 di Aceh Tengah dihadiri unsur forkopimda, para asisten dan staf ahli bupati dan sejumlah kepala SKPK.
Usai upacara, Bupati Nasaruddin turut membagikan hadiah lomba karnaval budaya pada peringatan HUT ke-72 RI, diserahkan kepada masing-masing perwakilan sekolah dan instansi. (Mika/LG010)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *