Forkopimda Aceh Tengah  Panen Padi Bersama

By on Wednesday, 6 September 2017

Takengen |Lintas Gayo – Guna mendukung program Upsus Padi, jagung dan kedelai (PAJALE) untuk mewujudkan swasembada pangan Nasional, Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P bersama Kadis Pertanian Drh. Rahmandi melaksanakan panen padi perdana jenis invari 28 di lahan persawahan Kampong Kala Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (05/09 ).

Sebelum melaksanakan panen Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P mengatakan,  masalah aikon tiap-tiap Kampung, contohnya di Kampung Kayu Kul untuk potensinya tanaman buah nanas, jangan di paksakan menanam padi, karena struktur tanahnya tidak cocok, apabila di paksakan tanam padi maka, hasilnya pasti sangat kurang bagus.

Beberapa Desa khususnya di wilayah Koramil-10/Pgs, mayoritas daerahnya pegunungan, kalau tidak cocok kopi harus di tanam holtikultura atau tanaman muda supaya dapat menarik minat para pendatang untuk berargo wisata, Tambah Komandan Kodim.

Dandim menyampaikan kepada Bapak Kadis Pertanian bahwa satu hektar lahan pertanian padi bisa menghasilkan satu ton, sekarang ini sudah mencapai enam ton setengah, pada awal masuk ke dataran tinggi Gayo, Kami bertanya kepada Babinsa yang mendampingi kegiatan swasembada pangan hasilnya masih empat ton sampai dengan empat ton setengah, setelah di hitung-hitung sudah ada perubahan dan merupakan suatu prestasi yang sangat luar biasa.

Mudah-mudahan kalau itu memang berhasil dan diberi ilmunya dapat di ambil untuk bisa di uji coba di  daerah lain seputaran Aceh Tengah, bisa di bayangkan apabila yang selama ini panen sekali enam setengah ton dan kalau dua kali panen bisa tiga belas ton, berarti bisa para petani dapat sejahtera, dengan berpikir kedepan bisa juga jadi Petani sebab bisa menjanjikan serta ini sesuai dengan arahan dari Menteri Pertanian pada awal tahun.

Kegiatan tersebut selain Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P dan Kadis Pertanian Drh. Rahmandi juga du hadiri oleh Camat Drs. Muslim, M. Si,  Danramil-10/Pgs Kapten inf Ali Amran, Pasi Ter Lettu Inf Rudi Handoko, KA BP2K Sumiri. Mp, Para Babinsa dan Petugas penyuluh lapangan dinas pertanian serta masyarakat. (Rel/LG010)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *