Oregon, Pemandangan Indah Dua Kabupaten Gayo (1)

By on Tuesday, 5 September 2017


Oregon adalah bagian kisah sukses dari Hak Penguasaan Hutan (HPH) di Gayo oleh perusahaan besar dari Jakarta. HPH yang mengekploitasi hutan Gayo secara legal di era orde baru khususnya uyem (pinus mercusi) bermuara di perusahaan Kertas Kraft Aceh.

Oregon adalah puncak gunung d atas Kampung Paya Reje Kecamatan Kebayakan yang berbatasan dengan kabupaten Bener Meriah, adik kandung kabupaten Aceh Tengah yang dimekarkan. Oregon adalah bagian jalan yang dibuat membawa uyem dari Kecamatan Linge, seperti Jamat ,Waq, Penarun , Ise Ise hingga Serule ke KKA Lhokseumawe.

Oregon, nama asing dari Amerika yang dibuat pekerja asing karena dinilai sama dengan Oregon di negeri Uncle Sam yang mengaku negara demokrasi dengan standar ganda. Kenapa standar ganda? Lihatlah bagaimana Iraq binasa oleh Amerika dengan alas an senjata pemusnah massal dibuat disana meski tak terbukti hingga kini.

Soal kemunafikan Amerika khususnya pada dunia Islam , tentu bukan lagi rahasia umum. Namun Negara adidaya yang menguasai berbagai konsep ekonomi dan jaringan berita dunia ini, piawai mengemas isu dan mengorbankan tentara elitnya demi sebuah tujuan.Amerika adalah sekutu utama Israel, negara teroris yang membantai Palestina dan mendirikan negara diatas tanah jajahan. Amerika dan Israel, 11 dan 12.

Keberanian Amerika di Timur Tengah, tentu tak seberani menghadapi Korea Utara. Amerika pasti keok menghadapi keberanian rezim Korea Utara yang kini menguji bom hidrogen yang dahsyat dengan efek radiasi yang mematikan. Apalagi kalau peluru kendali Korea Utara diarahkan ke Amerika di hulu ledaknya diletakkan bom hidrogen Korut. Seram.

Tapi sudahlah, kata Oregon tadi membuat cerita ini terbang jauh ke Amerika, dimana kata Oregon itu berasal. Pekerja asing di HPH  Gayo menilai puncak gunung diatas Paya Reje itu mirip Oregon di kampungnya sana.

Jadilah popular nama ini hingga kini.
Oregon kini dipenuhi semak belukar. Meski menawarkan pemandangan yang spektakuler. Di bagian Utara adalah Bener Meriah sementara bagian Selatan Oregon adalah Takengen. Pembatasnya adalah jalan.

Menuju ke Oregon bisa dilewati melalui Mendale. Saat dipakai HPH dulu, jalan ini sangat luas. Lebih dari 4 meter dengan pengerasan. Kini , bisa dilewati roda dua atau sepede gunung. Kiri kanan jalan tertutup rumput dan kayu kecil.

Seperti beke, anar anar, rembele, jih , oleng, sange dan berbagai rerumputan dataran tinggi lainnya.Jika dinilai dengan rupiah pembuatan jalan di punggung Utara Danau Luttawar ini tentu menghabiskan milyaran bahkan triliyunan semua demi uyem. (Bersambung)

Oregon, Pemandangan Indah Dua Kabupaten Gayo (2)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *