Pante Menye Dibanjiri Manusia

By on Sunday, 2 July 2017

Bintang | Lintas Gayo-  Pante Menye, kawasan timur Danau Lut Tawar, Aceh Tengah, pada hari Minggu (2/7/2017) benar-benar dibanjiri manusia. Atraksi pacuan kuda dalam air dan lomba perahu, telah menyedot manusia untuk mengunjungi Kecamatan Bintang ini.

Lautan manusia tumpah ruah di seputar pantai.Kegiatan menyemarakan idul fitri ini, sengaja di persiapkan pemuda Bintang, mengembalikan ruh pacuan kuda tradisionil Gayo yang awal mulanya dipertandingkan di Pante Menye sebelum di langsungkan di Takengen.

Pada hari Minggu ini, kuda yang ikut berpacu dipinggiran pantai ini mencapai 16 ekor. Gemericik air yang disemburkan oleh kuda saat ada kecepatan ini menjadi pemandangan yang menarik.

Selain itu panitia juga menyiapkan perlombaan perahu yang diikuti oleh 10 klub perahu, dimana pesertanya yang ikut mengayuh perahu mencapai 40 orang, yang terdiri 17 orang masih status pelajar untuk kebolehan dalam mengayuh sampan.

Event lomba perahu hanya digelar satu hari dan ditutup bersamaan dengan selesainya pacuan kuda. Kegiatan ini membuat manusia berbondong bondong ke Bintang. Mereka mayoritas hadir bersama keluarga. Event ini bukan hanya pemuda setempat yang ketiban rejeki, namun para pedagang juga merauh keuntungan dari event di pinggiran danau Lut Tawar ini. ( Kayu Kul)

 

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *