by

Imata “ Promosikan Gayo” Pengobat Rindu Di Rantau Orang

Medan | Lintas Gayo-  Rasa cinta Gayo yang tinggi, muncullah panggilan hati untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan di rantau orang demi negeri tembuni. Ikatan Mahasiswa Takengen ( Imata) Medan agenda khusus di rantau demi memperingati HUT Takengen.

Bukan hanya mahasiswa yang berasal dari Takengen yang aktif berpastisipasi dalam sejumlah agenda kegiatan yang diselenggarakan di Medan ini, mahasiswa dari Gayo Lues dan Bener Meriah (mahasiswa Gayo) ikut berpartisifasi aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan Imata dengan kerja sama semua pihak ini.

“Kami bangga dengan negeri Gayo yang bukan hanya kaya dan indah dengan alamnya, namun kaya dengan budayanya. Kami perkenalkan Gayo untuk dunia, kami perkenalkan bagaimana budaya Gayo dalam kegiatan yang kami kemas di rantau,” sebut  Syeh Mulyadi, ketua Imata Medan.

Ada tari guel, puisi, pemutaran film documenter tentang Takengen, music Gayo,  serta pemotongan kue tumpeng sebagai tanda ulang tahunya Takengen. 300 mahasiswa Gayo dari berbagai daerah ikut menyemarakkan pelaksanaan Hut Takengen di rantau orang, jelas Syeh Mulyadi.

“Acara ini juga turut dimeriahkan oleh Hendra Nuansa Gayo yang ahli dalam dunia tarik suara, khususnya lagu lagu Gayo,” kata Syeh.

Sengaja acara ini kami kemas dan kami persiapan bukan hanya sebagai penawar rindu kami kepada kampung halaman, namun sebagai bentuk cinta kami kepada tanah leluhur yang memiliki sejumlah keistimewaan, sebutnya.

Ada linangan air mata bahagia saat acara ini sukses dilakukan pada 17 Februari lalu. “ Kami bangga bisa mempersembahkan untuk negeri kami, kami bangga bisa memperkenalkan Gayo kepada dunia luar,” sebut Syeh.

Apalagi kegiatan ini atas inisiatif mahasiswa yang dibantu oleh mereka yang peduli dengan mahasiswa Gayo di perantauan Medan. Ke depanya kiranya Pemerintah Daerah juga mau memperhatikan dan membantu kegiatan ini, sebutnya.

Dampak dari kegiatan ini sangat besar, selain rasa persaudaraan sesame Gayo semakin tumbuh dengan jalinan silaturahmi yan baik di rantau orang, dibalik itu semuanya kami memiliki semangat juang untuk menyelesaikan pendidikan demi Gayo, tambahnya. ( Iqoni RS)

Comments

comments