Reje Takengen Barat Bagi Bagi Tanah

By on Friday, 10 February 2017

Takengen| Lintas Gayo– Reje Takengen Barat, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah, Jailani, membagi bagikan tanah untuk warganya. Spontan warga di kampung pinggiran sungai Pesangan ini berebut untuk mendapatkan bagian.

Pembagian tanah yang dilaksanakan bersamaan dengan jumat bersih itu, (10/2/2017) adalah bentuk perhatian reje, agar kampung yang gersang itu dihidupi dengan beragam tumbuhan. “ Tanah ini sengaja kita beli, agar warga kita semakin gemar menanam,” sebut Jailani.

“Yang mengambil tanah mohon dimanfaatkan tanah ini dengan tanaman. Apapun tanamanya silakan yang penting dimanfaatkan. Kan enak melihatnya bila disetiap rumah ada bunga dan tanaman, walau dalam pot,” sebutnya.

Tanah yang dibeli satu dumtruk itu, dalam waktu sekejab sudah habis diangkut kerumah warga.  Kaum ibu dan kaum bapak dengan membawa karung mengangkut  tanah itu ke rumahnya.  Reje juga terkejut dengan sikap masyarakat yang tidak harus diminta menanam, namun hanya disediakan tanah, langsung memanfaatkanya.

Babinsa dan Babinkam yang juga aktif dalam kegiatan rutin Jumat ini, juga terlihat memegang cangkul mengangkat tanah membantu warganya dan mengaduk semen untuk memperbaiki jalan desa yang masih perlu perbaikan.

“Di Takengen Barat ini kemana mau mencari tanah, walaupun tanah itu untuk pot. Kami berinisiatif mengunggah warga untuk menanam dengan cara seperti ini. Jumat depan akan kembali kita datangkan tanah dan kita siapkan dalam polibek,” sebut Jailani.

Takengen Barat kini sudah mulai membiasakan diri dengan gotong royong setiap Jumat. Selain itu pada malam jumat juga dilaksanakan wirit yasin di menasah. (Khosi NT/ Iqoni RS)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *