Mengenal Grinder Dan Fungsinya

By on Monday, 19 September 2016

Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang sedang berkembang pesat hingga saat ini, maka muncullah teknologi – teknologi yang semakin baru di tengah – tengah kita.Tapi dengan perkembanga teknologi – teknologi yang ada saat ini juga akan dikhawatirkan dapat mengganggu pemanfaatan sumber daya manusiayang ada dan sangat membutuhkan atau juga dikatakan sangat haus akan lapangan pekerjaan. Dengan banyaknya teknologi – teknologi yang diciptakan akan dikhawatirkan sumber daya manusia yang ada sekarang ini sudah tidak dibutuhkan lagi dikarenakan adanya penciptaanmesin – mesin baru saat ini yang semakin lama semakin berkembang kecanggihannya. Bahkan teknologi yang sangat booming hingga saat ini adalah adanya mesin gerindra.

Sebenarnya Grinder dan Gerinda itu sama saja. Gerinda itu sendiri dalam bahasa inggris atau di luar negeri sering menyebutnya dengan Grinding Machine. Grindermerupakan orang yang menjalankan mesin gerinda. Sedangkan Gerinda itu sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan pada sebuah benda kerja sehingga menghasilkan permukaan yang sangat halus dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Gerindra merupakansalah satu dari jenis mesin perkakas dengan mata potong jamak, mata potong pada mesin gerindra ini memiliki jumlah yang sangat banyak yang digunakan untuk mengasah atau memotong benda kerja dengan tujuan tertentu.Grinder atau Gerindra sendiri tentunya mendatangkan banyak manfaat dan fungsi diantaranya adalah :

  1. Digunakan untuk memotong benda kerja sehingga ketebalannya menjadi relatif tidak tebal.
  2. Digunakan untuk mengikis dengan tujuan untuk meratakan dan menghaluskan permukaan benda kerja.
  3. Digunakan untuk melakukan pekerjaan finishing pada benda alat kerja.
  4. Digunakan untuk mengikis dan menghilangkan sisi tajam dari benda kerja.
  5. Digunakan untuk membentuk suatu profil pada benda kerja baik itu elips, bulat, siku, dan lain – lain.

Gerinda sendiri terdapat bermacam – macam jenis diantaranya :

Mesin gerinda permukaan (Surface Grinding) yaitu mesin gerinda yang digunakan untuk menggerinda atau menghaluskan permukaan menjadi rata dan memperoleh hasil permukaan yang datar, halus, dan rata tentunya.Pada waktu pengasahan batu, grinder menjalankan mesin gerinda ini akan digerakkan dengan tangan melalui kemampuan handelnya secara bolak-balik dan benda kerja diputar dengan tangan melalui perlengkapan penjepitnya. Pencekaman pada benda kerja yaitu diikat pada kotak meja magnetik. Baca juga: Hak Paten Batu Giok Gayo Harus Disegerakan

Mesin gerinda silinder (Cylindrical Grinding Machine) merupakan jenis mesin gerinda ini bekerja dimana grinder dalam menjalankan mesin gerinda pada benda kerja yang akan mampu dikerjakan adalah benda kerja yang berbentuk silinder. Hal ini tentu saja sesuai dengan namanya yaitu gerinda silinder.

Gerinda alat potong (Tool Grinding Machine) merupakan jenis mesin gerinda yang digunakan untuk pekerjaan presisi, dimana grinder dalam menjalankan gerinda ini akan menajamkan berbagai jenis cutting tool.

Gerinda tangan (Hand Grinding) merupakan jenis mesin gerinda dimana grinder dalam menjalankan gerinda ini berprinsip pada gaya penggerak mesin gerinda itu sendiri yang akan diteruskan dari engkol ke roda gerinda melalui transmisi roda gigi. Mesin ini merupakan salah satu jenis mesin serba guna karena dapat mengerinda benda logam, kayu, bahan bangunan, kaca dan juga memoles mobil. Sehingga pekerjaan grinder itu sendiri menjadi ringan karena sudah dibantu dengan kecanggihan dari gerinda itu sendiri.

Gerinda duduk merupakan jenis mesin gerinda yang hanya dapat digunakan untuk memotong benda yang berukuran kecil seperti mata bor, pahat tangan, pahat bubut, dan lain – lain. Sehingga pekerjaan grinder menjadi ringan.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *