Energi Terbarukan ; Gayo Lues Memiliki PLTMH

By on Friday, 22 January 2016

PLTMH

Blangkejeren | Lintas Gayo –   Walau Kabupaten Gayo Lues masih seumur jagung. Namun gebrakannya terkait energi terbarukan sangat luar biasa, sebab, Kabupaten yang dikenal melalui gunung leuser dan tari saman ini, telah memiliki pembangkit tenaga listrik berdaya 1 Mega Watt (MW).

Yang lebih membanggakan lagi, pembangkit tenaga listrik energi terbarukan berdaya 1 MW ini, satu – satunya hanya ada di Provinsi Aceh, yang terletak di Desa Rerebe, Kecamatan Tripe Jaya.

“Saat ini kita tinggal menunggu proses pemasangan jaringan, InsyaAllah di tahun 2016 ini, PLTMH Aih Nengar Kampung Perlak Kecamatan Tripe Jaya, yang berdaya 1 MW sudah beroperasi. Akan tetapi, untuk Kampung Perlak itu sendiri, masyarakat sudah bisa menikmatinya, ujar Ir. Rasidin Porang Kadis Pertambangan dan Energi setempat, yang didampingi Kabid Energinya, Jumat (22/01/2016).

Lanjut Rasidin, PLTMH Aih Nengar ini memakai mesin turbin jenis crosflow dengan kekuatan daya 1 MW, alias bisa memenuhi seperlima kebutuhan listrik Kabupaten Gayo Lues.

Selain itu sambungnya, jika ditotal secara keseluruhan, dari 19 pembangkit dari 16 titik lokasi PLTMH, saat ini Gayo Lues telah memiliki kekuatan listrik sebesar 3,4 MW. Hal ini tentu sesuai dengan program Pemerintah Pusat terkait energi terbarukan, papar Rasidin.(Dosaino/insetgalus.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *