Mengenal Jenis Kopi

By on Wednesday, 30 December 2015

kayu kul 1

Oleh: Irwan Yoga*

Secarah umum dikenal 4 jenis kopi yaitu Kopi Arabika (Arabica Coffee), Kopi Liberika (Liberica Coffee), Kopi Robusta (Cannephora Coffee), Kopi Excelsa (Dewevrei Coffee). Diantara keempat ini best of the best nya adalah kopi Liberika.

Jenis Jenis Kopi

Di Indonesia menghasilkan 6 dari 7 jenis Kopi Arabika yaitu Gayo (Aceh), Mandaling (Sumut), Kintamani (Bali), Mangkuraja (Bengkulu), Jawa dan Kalosi (Toraja). Sementara satu jenis lainnya dihasilkan di Jamaica yang dikenal sebagai Blue Montain.

Jenis Arabika yang termasuk langka adalah speciality arabica dan jenis lainnya adalah kopi Luwak. Syarat tumbuhnya tanaman kopi arabika adalah pada ketinggian 750-1500 mdpl dengan suhu 15-18 derajat celcius. Kopi liberika tumbuh didaerah 500 – 1500 dpl dengan suhu 17 sampai 20 derajat celcius dan kopi robusta pada ketinggian 400-1000 dpl dengan suhu 18-24 derajat celcius.

Varietas kopi merujuk kepada subspesies kopi. Biji kopi dari dua tempat yang berbeda biasanya juga memiliki karakter yang berbeda, baik dari aroma (dari aroma jeruk sampai aroma tanah), kandungan kafein, rasa dan tingkat keasaman. Ciri-ciri ini tergantung pada tempat tumbuhan kopi itu tumbuh, proses produksi dan perbedaan genetika subspesies kopi.

*Penikmat Kopi

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.